HANDAYANI, Reza (2022) ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SD NEGERI BENTAR 01 KECAMATAN SALEM KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-REZA HANDAYANI-40218044-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (632kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-REZA HANDAYANI-40218044-SKRIPSI-2022.doc - Accepted Version Download (75kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-REZA HANDAYANI-40218044-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (368kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-REZA HANDAYANI-40218044-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-REZA HANDAYANI-40218044-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-REZA HANDAYANI-40218044-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (572kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-REZA HANDAYANI-40218044-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-REZA HANDAYANI-40218044-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (404kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-REZA HANDAYANI-40218044-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-REZA HANDAYANI-40218044-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan guru untuk mengetahui gaya belajar yang dimiliki siswa dan adanya perbedaan kemampuan siswa dalam memahami materi IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar siswa terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bentar 01 Kecamatan Salem. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari tiga gaya belajar yaitu gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik, yang paling menonjol adalah gaya belajar visual. Siswa dengan gaya belajar visual mempunyai hasil belajar IPA yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mempunyai gaya belajar auditorial dan kinestetik. Nilai rata-rata hasil tes IPA siswa dengan gaya belajar visual yaitu sebesar 67,7, siswa dengan gaya belajar auditorial sebesar 63, dan siswa dengan gaya belajar kinestetik sebesar 64,3. Sedangkan untuk nilai rata-rata raport, siswa dengan gaya belajar visual memiliki nilai rata-rata sebesar 85, siswa dengan gaya belajar auditorial sebesar 84,3, sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestetik sebesar 81,3. Siswa dengan gaya belajar visual dan kinestetik memiliki tingkat kognitif yang lebih unggul dalam bidang pemahaman (C2), sedangkan siswa dengan gaya belajar auditorial memiliki tingkat kognitif yang lebih unggul dalam bidang pengetahuan (C1).
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Gaya belajar, hasil belajar | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Editor Repository | ||||||
Date Deposited: | 20 Dec 2022 02:11 | ||||||
Last Modified: | 20 Dec 2022 02:11 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1147 |
Actions (login required)
View Item |