Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI JIPANG 05 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

SADILAH, Tiana Gustiani (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI JIPANG 05 TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (COVER)
COVER-TIANA GUSTIANI SADILAH-40218054-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-TIANA GUSTIANI SADILAH-40218054-SKRIPSI-2022.docx - Accepted Version

Download (19kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-TIANA GUSTIANI SADILAH-40218054-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version

Download (402kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-TIANA GUSTIANI SADILAH-40218054-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-TIANA GUSTIANI SADILAH-40218054-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-TIANA GUSTIANI SADILAH-40218054-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-TIANA GUSTIANI SADILAH-40218054-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-TIANA GUSTIANI SADILAH-40218054-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version

Download (307kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-TIANA GUSTIANI SADILAH-40218054-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
ARTIKEL-TIANA GUSTIANI SADILAH-40218054-SKRIPSI-2022.pdf

Download (293kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada tema yang memuat pelajaran IPA masih belum tuntas, berdasarkan wawancara dari 15 siswa terdapat 7 siswa yang mendapat nilai di atas 62 dan sisanya mendapat nilai dibawah 62 yaitu 8 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Children Learning In Science dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Jipang 05 Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan yaitu one-group pretest-posttest design, subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Jipang 05 Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2022/2023. Instrumen penelitian ini menggunakan tes yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji t paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Jipang 05. Dengan hasil rerata pretest sebesar 57,67 dan rerata posttest sebesar 78,67. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t paired sampel t-test diperoleh nilai t hitung sebesar -14,189 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat peningkatan antara nilai pretest dan posttest.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWARTULAS, SriNIDN0625127204
Additional Information: Model Pembelajaran, Children Learning In Science, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Editor Repository
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:36
Last Modified: 29 Dec 2022 02:36
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1155

Actions (login required)

View Item View Item