Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERSIA BRAME (PERNAPASAN MANUSIA BRAIN GAME) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD

SELVIANOVI, Yuni (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERSIA BRAME (PERNAPASAN MANUSIA BRAIN GAME) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (COVER)
COVER-YUNI SELVIANOVI-40218059-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version

Download (582kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-YUNI SELVIANOVI-40218059-SKRIPSI-2022.doc - Accepted Version

Download (31kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-YUNI SELVIANOVI-40218059-Skripsi-2022.pdf - Accepted Version

Download (325kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-YUNI SELVIANOVI-40218059-Skripsi-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-YUNI SELVIANOVI-40218059-Skripsi-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-YUNI SELVIANOVI-40218059-Skripsi-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-YUNI SELVIANOVI-40218059-Skripsi-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-YUNI SELVIANOVI-40218059-Skripsi-2022.pdf - Accepted Version

Download (303kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-YUNI SELVIANOVI-40218059-Skripsi-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-YUNI SELVIANOVI-40218059-Skripsi-2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya inovasi dalam menciptakan proses belajar mengajar yang menyenangkan sehingga peserta didik mudah bosan dan kurang aktif selama kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui kelayakan media Persia Brame (Pernapasan Manusia Brain Game) dan mengetahui perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini yaitu penelitian RND menggunakan model Borg and Gall dengan 10 langkah pengembangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Analisis data menggunakan Uji normalitas, homogenitas dan uji t. Hasil uji kelayakan oleh ahli media I, II dan III diperoleh rekapitulasi skor 85,42% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan hasil dari ahli materi I, II, dan III diperoleh rekapitulasi skor 91,67% dengan kategori “Sangat Layak”, sedangkan perhitungan menggunakan uji Independent Sample t Test menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang nyata berupa peningkatakan motivasi belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRETNONINGSIH, Diyah AyuNIDN0615069201
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran. Persia Brame. Motivasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Editor Repository
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:07
Last Modified: 29 Dec 2022 03:07
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1157

Actions (login required)

View Item View Item