PUTRI, Bela Noviana (2023) PRESENTASI DIRI FASHION MODEL MICRO INFLUENCER (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Akun Instagram @mellymellss_). Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-BELA NOVIANA PUTRI-43219014-Skripsi-2023.docx - Published Version Download (18kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-Bela Noviana Putri-43219014-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (572kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Bela Noviana Putri-43219014-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (562kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Bela Noviana Putri-43219014-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (404kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Bela Noviana Putri-43219014-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Bela Noviana Putri-43219014-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Bela Noviana Putri-43219014-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (240kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Bela Noviana Putri-43219014-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi micro influencer Melly Pertiwi yang memiliki followers 11.8K untuk menunjukkan hasil pemotretan foto katalog fashion dari berbagai brand. Memiliki gaya pakaian yang tidak ketat dan atribut sesuai kenyamannya. Hasil foto pemotretan yang diunggah mendapat perhatian, ketertarikan, pengaruh brand untuk bisa bekerja sama. Melly tidak memperlihatkan aktivitas rumah tangganya lebih lanjut hanya membagikan sudah resmi menikah saja. Hal ini menjadi pembeda sebagai panggung depan dan tidak memperlihatkan kehidupan yang tidak dibagikan menjadi panggung belakang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui presentasi diri fashion model micro influencer pada akun Instagram @mellymellss_. Menggunakan teori dramaturgi Erving Goffman, metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi non partisipan, dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman. Hasil penelitian pada panggung depan menunjukkan foto pemotretan agar mendapatkan kesan secara luas, mendapatkan tawaran dan perilaku positif yang diperhatikan followers. Di dunia nyata sebagai panggung belakang memiliki aktivitas sebagai ibu rumah tangga, lebih memilih menjadi diri sendiri sebagai karakter asli terutama pada orang yang dikenal. Tidak membawa fashionable ke dunia nyata secara berlebihan melainkan sesuai kenyamannanya. Hal ini sesuai dengan teori dramaturgi untuk mengontrol sesuai keinginan presentasi yang ditunjukkan dan tidak ditampilkan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Fashion Model, Micro Influencer, Presentasi Diri | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 300 Ilmu Sosial, Sosiologi > 302 Interaksi Sosial; Hubungan Antarpersonal; Komunikasi > Komunikasi 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 300 Ilmu Sosial, Sosiologi > 302 Interaksi Sosial; Hubungan Antarpersonal; Komunikasi > Komunikasi > Media Komunikasi, Media Massa |
||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi - S1 | ||||||
Depositing User: | Ms Nur Afni Taflikhatun | ||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2023 08:48 | ||||||
Last Modified: | 08 Nov 2023 08:48 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1339 |
Actions (login required)
View Item |