Search for collections on Repository Universitas Peradaban

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYAK GORENG KEMASAN DI PASAR INDUK BUMIAYU

HIDAYAH, Nurul (2023) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYAK GORENG KEMASAN DI PASAR INDUK BUMIAYU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-NURUL HIDAYAH-42218010-SKRIPSI-2023.docx - Published Version

Download (9kB)
[img] PDF (COVER)
COVER-NURUL HIDAYAH-42218010-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (377kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-NURUL HIDAYAH-42218010-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-NURUL HIDAYAH-42218010-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-NURUL HIDAYAH-42218010-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-NURUL HIDAYAH-42218010-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-NURUL HIDAYAH-42218010-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (5kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-NURUL HIDAYAH-42218010-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-NURUL HIDAYAH-42218010-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)

Abstract

Sejak akhir 2021, Indonesia mengalami lonjakan harga minyak goreng. Hal ini yang kemudian menjadi masalah diantaranya panic buying dan membuat harga minyak menjadi semakin tidak terkendali dan berdampak pada perilaku konsumen dalam mengonsumsi minyak goreng. Umumnya konsumen membeli suatu produk berdasarkan beberapa pertimbangan diantaranya atribut produk yang melekat pada produk tersebut. Selain itu terdapat juga empat faktor yang mempengaruhi perilaku keputusan pembelian konsumen yaitu faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis. Pasar Induk Bumiayu merupakan salah satu pasar yang ada di Kabupaten Brebes. Pasar ini juga salah satu pendorong aktivitas ekonomi di Bumiayu, dimana pasar ini menjadi tujuan berbelanja warga masyarakat Brebes Selatan.Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kualitas, fitur, desain dan harga terhadap keputusan pembelian minyak goreng kemasan dan mengetahui pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan pembelian minyak goreng kemasan di Pasar Induk Bumiayu. Objek penelitian ini adalah konsumen akhir minyak goreng kemasan 1- 2 Liter . Waktu pengambilan data bulan juli – agustus 2023. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan metode Non Probability yakni metode Accidental Sampling dengan jumlah responden sebanyak 50 responden. Data yang digunakan data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket dengan menggunakan teknik analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji F dan uji T, serta koefisien determinasi dengan bantuan aplikasi SPSS v25. Hasil penelitian atribut produk diantaranya kualitas, fitur, desain, dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian minyak goreng kemasan. Hasil uji parsial dalam penelitian ini kualitas, fitur dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian minyak goreng kemasan sementara desain produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian minyak goreng kemasan di Pasar Induk Bumiayu. Pada uji regresi selanjutnya untuk faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian minyak goreng kemasan. Hasil uji parsial juga menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian minyak goreng kemasan di Pasar Induk Bumiayu.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorARIMURTI, Niken HapsariNIDN0627058301
Subjects: 600 Technology dan Ilmu Terapan > 650 Bisnis, Manajemen & Public Relation > 658 Manajemen Umum > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen, Psikologi Konsumen, Kepuasan Konsumen
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Agribisnis - S1
Depositing User: Ms Nur Afni Taflikhatun
Date Deposited: 02 Dec 2023 06:37
Last Modified: 02 Dec 2023 06:37
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1383

Actions (login required)

View Item View Item