Search for collections on Repository Universitas Peradaban

ANALISIS KESULITAN GURU DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 3 DARMAKRADENAN AJIBARANG BANYUMAS

Nur’afifah, Rahadjeng Kirana (NIM.40215058) (2019) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PELAJARAN IPA KELAS V DI SD NEGERI 3 DARMAKRADENAN AJIBARANG BANYUMAS. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40215058_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215058_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (168kB) | Preview
[img] Text
40215058_Bab2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 31 September 2026.

Download (312kB)
[img]
Preview
Text
40215058_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (145kB) | Preview
[img] Text
40215058_Bab4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (297kB)
[img]
Preview
Text
40215058_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215058_Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (94kB) | Preview
[img] Text
40215058_Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2026.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa di SD Negeri 3 Darmakradenan guru masih kesulitan dalam mengimplementasikan penilaian autentik kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan guru dalam implementasi penilaian autentik Kurikulum 2013 pembelajaran IPA Kelas V SD Negeri 3 Darmakradenan Kecamatan Ajibarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pembelajaran IPA kesulitan guru dalam melakukan penilaian autentik Kurikulum 2013 secara kurang mendalam karena manajemen waktu yang kurang efektif. Kesimpulannya adalah terdapat tiga faktor penyebab: 1. Kurangnya pengetahuan guru mengenai karakteristik penilaian autentik Kurikulum 2013, 2. Pemilihan metode atau prosedur penilaian autentik yang kurang bervariasi, 3. Pengembangan tugas autentik kurang sesuai dengan kompetensi yang hendak dicapai. Dan saran dari penelitian ini adalah mampu memahami pengetahuan dan prosedur dalam penilaian autentik kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWartulas, M.Pd., Sri (NIDN.0625127204)UNSPECIFIED
ExaminerArifin, Lc., MA., Muh. Luqman (NIDN.0619037801)UNSPECIFIED
ExaminerZein, S.Fil.I., M.Pd.I., Ahmad Rifa'i (NIDN.0617088002)UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kesulitan Guru, Penilaian Autentik, Pelajaran IPA
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 05 Dec 2019 02:52
Last Modified: 05 Dec 2019 02:52
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/605

Actions (login required)

View Item View Item