Agustin, Ninda Rita (NIM.40215062) (2019) EFEKTIVITAS MODEL MASTER PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI PAGOJENGAN 03. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215062_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (651kB) | Preview |
|
|
Text
40215062_BAB 1.pdf - Accepted Version Download (155kB) | Preview |
|
Text
40215062_BAB 2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 September 2026. Download (278kB) |
||
|
Text
40215062_BAB 3.pdf - Accepted Version Download (209kB) | Preview |
|
Text
40215062_BAB 4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 31 September 2026. Download (805kB) |
||
|
Text
40215062_BAB 5.pdf - Accepted Version Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
40215062_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (178kB) | Preview |
|
Text
40215062_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar IPS dan kurangnya sikap kemandirian siswa kelas V SD Negeri Pagojengan 03. Faktor penyebabnya yaitu media yang digunakan dalam pembelajaran IPS tidak memadai, guru masih menggunakan metode konvensional, dan rendahnya nilai IPS siswa yaitu 66,88 yaitu masih dibawah KKM 70. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model MASTER dalam pembelajaran IPS tema 7 tentang peristiwa dalam kehidupan, materi proklamasi kemerdekaan di kelas V SD Negeri Pagojengan 03. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode true eksperimnental desaign, dengan pendekatan posttest only control desaign. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pagojengan 03 dengan jumlah 32 siswa kelas VA sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan model MASTER dan 20 siswa kelas VB sebagai kelompok kontrol diberi perlakuan model konvensional. Dari hasil perhitungan analisis data kemandirian kelas eksperimen lebih besar yaitu 48,62% sedangkan kelas kontrol lebih rendah dengan nilai 44,24% dan prestasi belajar IPS di kelas eksperimen yaitu 76,21% sedangkan di kelas kontrol yaitu 35,59%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model MASTER efektif terhadap kemandirian dan prestasi belajar IPS siswa kelas VA SD Negeri Pagojengan 03.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model MASTER, Kemandirian, Prestasi Belajar IPS | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Dec 2019 02:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Dec 2019 02:51 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/608 |
Actions (login required)
View Item |