Rahayu, Ica (NIM.40215083) (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN STAD BERBANTUAN MEDIA TANGGA WARNA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215083_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
40215083_Bab 1.pdf - Accepted Version Download (250kB) | Preview |
|
Text
40215083_Bab 2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (183kB) |
||
|
Text
40215083_Bab 3.pdf - Accepted Version Download (424kB) | Preview |
|
Text
40215083_Bab 4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (259kB) |
||
|
Text
40215083_Bab 5.pdf - Accepted Version Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
40215083_Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (125kB) | Preview |
|
Text
40215083_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (4MB) |
||
Text
40215083_Artikel.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (511kB) |
Abstract
Latar Belakang dari penelitian ini kurangnya penerapan model pembelajaran dan tidak adanya penggunaan media saat proses pembelajaran matematika sehingga kurangnya kemampuan pemecahan masalah soal uraian. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa antara siswa menggunakan model pembelajaran NHT dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan media Tangga Warna. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas IV SD di Desa Wanoja. Sampel dalam penelitian ini menggunakan Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan uji T independen. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat perbedaan dalam penerapan model NHT dan STAD dalam kemampuan pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil uji T diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,206 > 2,434. Maka H0 ditolak, Artinya terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD siswa kelas IV SD di Desa Wanoja Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | NHT, STAD, Kemampuan Pemecahan Masalah | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Dec 2019 07:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Dec 2019 07:36 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/627 |
Actions (login required)
View Item |