FADILAH, Uswatun (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI PELUANG KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANTARKAWUNG. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
PDF (COVER)
COVER-Uswatun Fadilah-40315011-Skripsi-2019.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Uswatun Fadilah-40315011-Skripsi-2019.docx - Published Version Download (14kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Uswatun Fadilah-40315011-Skripsi-2019.pdf - Published Version Download (283kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Uswatun Fadilah-40315011-Skripsi-2019.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (572kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Uswatun Fadilah-40315011-Skripsi-2019.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (561kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Uswatun Fadilah-40315011-Skripsi-2019.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (756kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Uswatun Fadilah-40315011-Skripsi-2019.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Uswatun Fadilah-40315011-Skripsi-2019.pdf - Published Version Download (266kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Uswatun Fadilah-40315011-Skripsi-2019.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (22MB) |
Abstract
Salah satu permasalahan yang dialami oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bantarkawung adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan penelitian menggunakan model quantum teaching dan model kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa model quantum teaching atau model kooperatif tipe jigsaw dan untuk mengetahui bahwa prestasi belajar dengan model pembelajaran quantum teaching lebih baik dari model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Prestasi belajar dilihat dari tingkat ketuntasan kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan true experimental design dan desain posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bantarkawung tahun pelajaran 2018/2019. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII G dan VIII H yang ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, pengamatan dan tes. Data dianalisis menggunakan uji t-tes dengan one sample t-test dan independent sample t-test. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata prestasi belajar dengan menggunakan model quantum teaching atau model kooperatif tipe jigsaw dapat mecapai nilai Ketuntasan Kriteria Minimum (KKM). Dengan rata-rata perolehan nilai model quantum teaching yaitu 86.03 dan kooperatif tipe jigsaw yaitu 79.67. Kemudian terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar yang menggunakan model quantum teaching dan model kooperatif tipe jigsaw dengan uji independent sample t-test thitung > ttabel yaitu 2.604 > 1.995 sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Kesimpulan dari uraian diatas adalah rata-rata prestasi belajar baik menggunakan model quantum teaching maupun model kooperatif tipe jigsaw dapat mencapai tuntas KKM, dan model quantum teaching lebih baik dari model kooperatif tipe jigsaw.
Actions (login required)
View Item |