MARSSALICHSA, Rosiana (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS SOAL SUPERITEM TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI PEMUSATAN DATA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
PDF (COVER)
COVER-Rosiana Marssalichsa-40315010-Skripsi-2019.pdf - Published Version Download (820kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Rosiana Marssalichsa-40315010-Skripsi-2019.docx - Published Version Download (17kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Rosiana Marssalichsa-40315010-Skripsi-2019.pdf - Published Version Download (208kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Rosiana Marssalichsa-40315010-Skripsi-2019.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Rosiana Marssalichsa-40315010-Skripsi-2019.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Rosiana Marssalichsa-40315010-Skripsi-2019.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (765kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Rosiana Marssalichsa-40315010-Skripsi-2019.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Rosiana Marssalichsa-40315010-Skripsi-2019.pdf - Published Version Download (305kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Rosiana Marssalichsa-40315010-Skripsi-2019.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
Abstract
Hasil belajar siswa kelas VIII rendah, dari 91 siswa hanya 12 siswa yang lulus KKM dengan KKM sebesar 70. Buku ajar sebagai sumber belajar tidak bisa digunakan siswa secara maksimal, sumber belajar siswa dirumah adalah lembar kerja siswa (LKS) dengan keterbatasan isi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis soal superitem terbimbing untuk memfasilitasi pemahaman konsep matematika pada materi pemusatan data kelas VIII sekolah menengah pertama (SMP). Validitas dilihat berdasarkan hasil validitas materi serta validitas media, kepraktisan dilihat berdasarkan hasil respon guru dan angket respon siswa, serta keefektifan dilihat dari uji ketuntasan rata-rata dan uji ketuntasan proporsi. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan menurut Dick dan Carry. Metode pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap, yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan produk dinyatakan melalui pengujian para ahli, respon guru dan respon siswa. Persentase yang dicapai oleh ahli materi diperoleh rata-rata persentase sebesar 96% dengan kategori sangat layak. Persentase yang dicapai oleh ahli media diperoleh rata-rata persentase sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Hasil persentase dari respon guru sebesar 76% dengan kategori layak dan hasil respon siswa sebesar 81% dengan kategori sangat layak. Hasil rata-rata ulangan harian siswa yang diajar dengan LKS berbasis soal superitem terbimbing untuk memfasilitasi pemahaman konsep matematika pada materi pemusatan data kelas VIII sekolah menengah pertama (SMP) sebesar 81,97 dengan persentse atau proporsi ketuntasan hasil ulangan mencapai 70 sebesar 90%, sehingga rata-rata ulangan harian yang diajar dengan LKS berbasis soal superitem terbimbing untuk memfasilitasi pemahaman konsep matematika pada materi pemusatan data kelas VIII sekolah menengah pertama (SMP) melebihi 75% dari jumlah siswa. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian bahwa LKS berbasis soal superitem terbimbing untuk memfasilitasi pemahaman konsep matematika pada materi pemusatan data kelas VIII sekolah menengah pertama (SMP) valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | R&D, LKS, Superitem, Terbimbing | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan > Sekolah Lanjutan Tingkat Pertaman (SLTP) |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2022 07:34 | ||||||
Last Modified: | 03 Aug 2022 07:34 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/796 |
Actions (login required)
View Item |