IRNAWATI, Ani (2020) EFEKTIVITAS PENDEKATAN CTL DAN RME DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SDN SE-DESA BENTAR. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
PDF (COVER)
COVER-Ani Irnawati-40216002-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (507kB) |
|
PDF (ABSTRAK)
ABSTRAK-Ani Irnawati-40216002-Skripsi-2020.docx - Published Version Download (16kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Ani Irnawati-40216002-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (214kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Ani Irnawati-40216002-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Ani Irnawati-40216002-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (494kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Ani Irnawati-40216002-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (317kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Ani Irnawati-40216002-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Ani Irnawati-40216002-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (326kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Ani Irnawati-40216002-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (629kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan berupa rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa, terutama pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan CTL dan RME terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Sedesa Bentar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji anava satu arah dengan sel tak sama dan uji pasca anava jika hipotesis ditolak dengan menggunakan uji komparasi ganda dengan Uji Tukey HSD dan Uji Scheffe dengan bantuan SPSS 16. Penelitian yang telah direncanakan terkendala adanya wabah virus corona (Covid-19), sehingga tidak dapat dilaksanakan di lokasi penelitian. Oleh karena itu, peneliti hanya melaksanakan studi literatur terhadap penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian ini. Hasil yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa Pendekatan CTL dan RME dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Pendekatan CTL dan RME lebih baik daripada pendekatan konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan CTL, Pendekatan RME, Kemampuan Berpikir Kreatif | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2022 07:08 | ||||||
Last Modified: | 29 Aug 2022 07:08 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/891 |
Actions (login required)
View Item |