Search for collections on Repository Universitas Peradaban

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN GENDER DI SDN 3 KEDUNGURANG TAHUN AJARAN 2019/2020

NURKHAFIDHOH, Charlina (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN GENDER DI SDN 3 KEDUNGURANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img] PDF (COVER)
COVER-Charlina Nurkhafidhoh-.40216008-Skripsi-2020.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Charlina Nurkhafidhoh-.40216008-Skripsi-2020.docx - Published Version

Download (26kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-Charlina Nurkhafidhoh-.40216008-Skripsi-2020.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-Charlina Nurkhafidhoh-.40216008-Skripsi-2020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-Charlina Nurkhafidhoh-.40216008-Skripsi-2020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-Charlina Nurkhafidhoh-.40216008-Skripsi-2020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-Charlina Nurkhafidhoh-.40216008-Skripsi-2020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Charlina Nurkhafidhoh-.40216008-Skripsi-2020.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Charlina Nurkhafidhoh-.40216008-Skripsi-2020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Kedungurang pada mata pelajaran matematika, salah satunya dalam pembelajaran soal cerita matematika. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari gaya belajar, bagaimana kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari gender, bagaimana kesulitan siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari gaya belajar, bagaimana kesulitan siswa perempuan dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari gaya belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya belajar, gender, siswa laki -laki ditinjau dari gaya belajar dan siswa perempuan ditinjau dari gaya belajar. Prosedur analisis yang digunakan adalah prosedur newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, tes, dan wawancara dengan subjek penelitian sejumlah 11 siswa. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, gaya belajar yang paling dominan yaitu gaya belajar visual sebanyak 8 siswa sedangkan gaya belajar auditorial dan kinestetik sebanyak 7 siswa, ketiga gaya belajar tersebut memiliki kesalahan sesuai dengan prosedur newman. Kedua, siswa laki-laki dan perempuan mengalami kesalahan sesuai prosedur newman yaitu memahami masalah, transformasi, proses perhitungan dan menarik kesimpulan. Ketiga, siswa laki-laki dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik mengalami kesalahan memahami masalah, transformasi, proses perhitungan dan menarik kesimpulan. Keempat, siswa perempuan mengalami kesalahan memahami masalah, transformasi, proses perhitungan, dan menarik kesimpulan. Solusi yang ditawarkan untuk meminimalisir kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita adalah dengan memperbanyak latihan mengerjakan soal cerita.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorARDANI, AnwarNIDN0619128901
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Siswa, Soal Cerita, Prosedur Newman, Gaya Belajar dan Gender
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 29 Aug 2022 07:08
Last Modified: 29 Aug 2022 07:08
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/894

Actions (login required)

View Item View Item