INAYATI, Dian Sofia (2020) PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
PDF (COVER)
COVER-Dian Sofia Inayati- 40216014-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (524kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Dian Sofia Inayati- 40216014-Skripsi-2020.docx - Published Version Download (14kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Dian Sofia Inayati- 40216014-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (166kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Dian Sofia Inayati- 40216014-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Dian Sofia Inayati- 40216014-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Dian Sofia Inayati- 40216014-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (722kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Dian Sofia Inayati- 40216014-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Dian Sofia Inayati- 40216014-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (94kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Dian Sofia Inayati- 40216014-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan LKS dalam pembelajaran yang bukan rancangan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS matematika berbasis kearifan lokal materi bangun datar siswa kelas IV sekolah dasar yang layak digunakan. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Kalierang 01 yang berjumlah 38 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar penilaian untuk ahli, angket tanggapan siswa, serta angket respon guru. Hasil penelitian menunjukkan dari penilaian validasi ahli materi mendapat nilai rata-rata sebesar 94,6% dengan kategori sangat baik, penilaian validasi ahli media mendapat nilai rata-rata sebesar 78,6% dengan kategori baik, hasil angket tanggapan siswa mendapat nilai rata-rata sebesar 89,75% dengan kategori sangat baik, dan angket respon guru mendapat nilai rata-rata sebesar 85,7% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS matematika berbasis kearifan lokal materi bangun datar siswa kelas IV sekolah dasar termasuk layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | LKS, Kearifan Lokal, Bangun Datar | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2022 02:55 | ||||||
Last Modified: | 01 Sep 2022 02:55 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/901 |
Actions (login required)
View Item |