OKTAVINA, Juwita (2020) ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENGIMPLEMENTASI KETERAMPILAN MENJELASKAN PADA PEMBELAJARAN GEGURITAN KELAS IV SDN DI PAKUJATI TAHUN AJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Juwita Oktavina-40216029-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (669kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Juwita Oktavina-40216029-Skripsi-2020.docx - Published Version Download (13kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Juwita Oktavina-40216029-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (320kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Juwita Oktavina-40216029-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Juwita Oktavina-40216029-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Juwita Oktavina-40216029-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Juwita Oktavina-40216029-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Juwita Oktavina-40216029-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (194kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Juwita Oktavina-40216029-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman guru dalam menguasai keterampilan menjelaskan pada pembelajaran Geguritan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis ketercapaian kompetensi profesional pada guru dalam mengimplementasikan keterampilan menjelaskan pembelajaran Geguritan kelas IV SDN di Pakujati tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV SDN di Pakujati. Teknik pengambilan menggunakan wawancara dan okumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terrdapat beberapa faktor yang menyebabkan ketercapaian kompetensi profesional guru dalam mengimplementasi keterampilan menjelaskan pada pembelajaran geguritan guru kelas IV SDN di Pakujati tahun ajaran 2019/2020, yaitu kemampuan peserta didik dalam memahami kosa kata bahasa Jawa dalam materi Geguritan dan dukungan kepala sekolah untuk memfasilitasi dan mendukung guru dalam pengembangan kompetensinya. Kemudian faktor internal berasal dari guru itu sendiri terkait pemahaman bahasa maupun pemilihan model dan metode pembelajaran yang tepat dalam peningkatan keterampilan menjelaskan serta keterlibatan guru dalam kegiatan pelatihan untuk memperbaiki kompetensi profesional.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Profesional, Keterampilan Menjelaskan, Geguritan. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.1 Guru, Manajemen Kelas > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 04 Sep 2022 07:30 | ||||||
Last Modified: | 04 Sep 2022 07:30 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/915 |
Actions (login required)
View Item |