YANUAR, Mirza Lazuardi (2022) ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR (CALISTUNG) MEMBACA, MENULIS DAN BERHITUNG SETELAH PANDEMI COVID 19 DI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI SD NEGERI PRUWATAN 03 TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-MIRZA LAZUARDI YANUAR-40215019-SKRIPSI-TAHUN 2022.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-MIRZA LAZUARDI YANUAR-40215019-SKRIPSI-TAHUN 2022.docx - Accepted Version Download (9kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-MIRZA LAZUARDI YANUAR-40215019-SKRIPSI-TAHUN 2022.pdf - Accepted Version Download (94kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II -MIRZA LAZUARDI YANUAR-40215019-SKRIPSI-TAHUN 2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-MIRZA LAZUARDI YANUAR-40215019-SKRIPSI-TAHUN 2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-MIRZA LAZUARDI YANUAR-40215019-SKRIPSI-TAHUN 2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-MIRZA LAZUARDI YANUAR-40215019-SKRIPSI-TAHUN 2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-MIRZA LAZUARDI YANUAR-40215019-SKRIPSI-TAHUN .pdf - Accepted Version Download (229kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-MIRZA LAZUARDI YANUAR-40215019-SKRIPSI-TAHUN 2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-MIRZA LAZUARDI YANUAR-40215019-SKRIPSI-TAHUN 2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
Abstract
Penelitian ini diambil di SD negeri Pruwatan 03 dimana pada penelitian ini peneliti meneliti tentang analisis faktor kesulitan membaca, menulis dan berhitung setelah pandemi covid 19 yang ditinjau dari gaya belajar siswa. Pada penelitian ini masih banyak siswa yang mengalami kesulitan membaca, menulis dan berhitung setelah pandemi covid 19. Salah satunya di SD Negeri Pruwatan 03 dari hasil wawancara dengan guru kelas 2 SD Negeri Pruwatan 03 masih terdapat siswa yang belum bisa membaca, menulis dan berhitung dari masing-masing siswa diakibatkan oleh keterlambatan siswa dalam menangkap sebuah materi pembelajaran khususnya pada materi pembelajaran membaca, menulis dan berhitung. Siswa yang mengalami kesulitan membaca, menulis dan berhitung menurut guru kelas 2 juga akan tertinggal materi dengan teman-teman yang lainnya. Dari hasil penelitian ini peneliti menemukan bahwa faktor kesulitan belajar calistung ditinjau dari gaya belajar visual, auditiori dan kinestetik menemukan kesulitan sebagai berikut. Kesulitan belajar calistung siswa yang mempunyai gaya belajar visual. Kesulitan Membaca a). Siswa menganggap belajar membaca itu sangatlah membosankan b). Belum mampu mengeja kalimat yang Panjang. Kesulitan menulis a). Siswa masih belum bisa menulis secara lancar. b). Kurangnya pemahaman soal pada soal menulis. Kesulitan berhitung a). Siswa belum bisa berhitung baik menggunakan rumus maupun jari tangan. b). Kurangnya pemahaman siswa dalam menghitung matematika. Kesulitan belajar calistung siswa yang mempunyai gaya belajar auditiori. Kesulitan Membaca a). Pemahaman dalam memahami huruf yang sangat lambat b). Mempunyai keterlambatan dalam mengeja kata. Kesulitan Menulis a). Siswa masih belum jelas dan rapih dalam menulis b). Kurangnya pemahaman soal pada soal menulis. Kesulitan Berhitung a). Siswa belum bisa berhitung penjumlahan, perkalian dan pembagian b). Kurangnya pemahaman siswa dalam menghitung matematika. Kesulitan belajar calistung siswa yang mempunyai gaya belajar Kinestetik. Kesulitan Membaca a). Minat belajar membaca yang rendah b). Mempunyai keterlambatan dalam mengeja kata. Kesulitan Menulis a). Siswa mempunyai kendala pada membaca sehingga mengakibatkan kesulitan dalam menulis. b). Kurangnya memahami huruf pada saat menulis. Kesulitan Berhitung a). Kurangnya pemahaman siswa dalam menghitung matematika dasar b). Siswa tidak mampu menghitung bilangan matematika yang mencapai puluhan.
Actions (login required)
View Item |