Search for collections on Repository Universitas Peradaban

ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR (CALISTUNG) MEMBACA, MENULIS DAN BERHITUNG SETELAH PANDEMI COVID 19 DI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI SD NEGERI PRUWATAN 03 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

YANUAR, Mirza Lazuardi (2022) ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR (CALISTUNG) MEMBACA, MENULIS DAN BERHITUNG SETELAH PANDEMI COVID 19 DI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI SD NEGERI PRUWATAN 03 TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (COVER)
COVER-MIRZA LAZUARDI YANUAR-40215019-SKRIPSI-TAHUN 2022.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-MIRZA LAZUARDI YANUAR-40215019-SKRIPSI-TAHUN 2022.docx - Accepted Version

Download (9kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-MIRZA LAZUARDI YANUAR-40215019-SKRIPSI-TAHUN 2022.pdf - Accepted Version

Download (94kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II -MIRZA LAZUARDI YANUAR-40215019-SKRIPSI-TAHUN 2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-MIRZA LAZUARDI YANUAR-40215019-SKRIPSI-TAHUN 2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-MIRZA LAZUARDI YANUAR-40215019-SKRIPSI-TAHUN 2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-MIRZA LAZUARDI YANUAR-40215019-SKRIPSI-TAHUN 2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-MIRZA LAZUARDI YANUAR-40215019-SKRIPSI-TAHUN .pdf - Accepted Version

Download (229kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-MIRZA LAZUARDI YANUAR-40215019-SKRIPSI-TAHUN 2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-MIRZA LAZUARDI YANUAR-40215019-SKRIPSI-TAHUN 2022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)

Abstract

Penelitian ini diambil di SD negeri Pruwatan 03 dimana pada penelitian ini peneliti meneliti tentang analisis faktor kesulitan membaca, menulis dan berhitung setelah pandemi covid 19 yang ditinjau dari gaya belajar siswa. Pada penelitian ini masih banyak siswa yang mengalami kesulitan membaca, menulis dan berhitung setelah pandemi covid 19. Salah satunya di SD Negeri Pruwatan 03 dari hasil wawancara dengan guru kelas 2 SD Negeri Pruwatan 03 masih terdapat siswa yang belum bisa membaca, menulis dan berhitung dari masing-masing siswa diakibatkan oleh keterlambatan siswa dalam menangkap sebuah materi pembelajaran khususnya pada materi pembelajaran membaca, menulis dan berhitung. Siswa yang mengalami kesulitan membaca, menulis dan berhitung menurut guru kelas 2 juga akan tertinggal materi dengan teman-teman yang lainnya. Dari hasil penelitian ini peneliti menemukan bahwa faktor kesulitan belajar calistung ditinjau dari gaya belajar visual, auditiori dan kinestetik menemukan kesulitan sebagai berikut. Kesulitan belajar calistung siswa yang mempunyai gaya belajar visual. Kesulitan Membaca a). Siswa menganggap belajar membaca itu sangatlah membosankan b). Belum mampu mengeja kalimat yang Panjang. Kesulitan menulis a). Siswa masih belum bisa menulis secara lancar. b). Kurangnya pemahaman soal pada soal menulis. Kesulitan berhitung a). Siswa belum bisa berhitung baik menggunakan rumus maupun jari tangan. b). Kurangnya pemahaman siswa dalam menghitung matematika. Kesulitan belajar calistung siswa yang mempunyai gaya belajar auditiori. Kesulitan Membaca a). Pemahaman dalam memahami huruf yang sangat lambat b). Mempunyai keterlambatan dalam mengeja kata. Kesulitan Menulis a). Siswa masih belum jelas dan rapih dalam menulis b). Kurangnya pemahaman soal pada soal menulis. Kesulitan Berhitung a). Siswa belum bisa berhitung penjumlahan, perkalian dan pembagian b). Kurangnya pemahaman siswa dalam menghitung matematika. Kesulitan belajar calistung siswa yang mempunyai gaya belajar Kinestetik. Kesulitan Membaca a). Minat belajar membaca yang rendah b). Mempunyai keterlambatan dalam mengeja kata. Kesulitan Menulis a). Siswa mempunyai kendala pada membaca sehingga mengakibatkan kesulitan dalam menulis. b). Kurangnya memahami huruf pada saat menulis. Kesulitan Berhitung a). Kurangnya pemahaman siswa dalam menghitung matematika dasar b). Siswa tidak mampu menghitung bilangan matematika yang mencapai puluhan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWINARTO, WinartoNIDN0612118801
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar Calistung, Pandemi Covid 19, Gaya Belajar, SD Negeri Pruwatan 03
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Membaca, Belajar Membaca, Kemampuan Membaca
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Kemampuan Menulis
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Editor Repository
Date Deposited: 21 Nov 2022 04:26
Last Modified: 21 Nov 2022 04:26
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1054

Actions (login required)

View Item View Item