RESTIAWATI, Defi (2023) PERAN KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMK SEMESTA BUMIAYU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-DEFI RESTIAWATI-40419002-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (14kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-DEFI RESTIAWATI-40419002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (896kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-DEFI RESTIAWATI-40419002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-DEFI RESTIAWATI-40419002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (5MB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-DEFI RESTIAWATI-40419002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-DEFI RESTIAWATI-40419002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-DEFI RESTIAWATI-40419002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (335kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-DEFI RESTIAWATI-40419002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (820kB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL SKRIPSI-DEFI RESTIAWATI-40419002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-DEFI RESTIAWATI-40419002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis peran komunikasi guru dengan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia dalam penerapan kurikulum merdeka di SMK Semesta Bumiayu. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan peran komunikasi guru dengan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Semesta Bumiayu diperoleh dari wawancara guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Waka Kurikulum menunjukkan bahwa dalam pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka Belajar, komunikasi antara guru dan siswa memegang peran penting dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Selanjutnya, berdasarkan hasil angket siswa menunjukkan bahwa siswa memberikan penilaian yang positif terhadap peran komunikasi dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata sebesar 83,20%, siswa secara keseluruhan mengakui pentingnya komunikasi dalam konteks pembelajaran dan merasa bahwa hal tersebut memberikan kontribusi positif terhadap pengalaman belajar mereka. Hal ini dapat diartikan bahwa guru telah berhasil menggunakan komunikasi yang efektif dalam memfasilitasi pembelajaran melalui proses berkomunikasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | peran komunikasi, bahasa Indonesia, kurikulum merdeka | ||||||
Subjects: | 400 Ilmu Bahasa, Kebahasaan > Pembelajaran Bahasa; Pendidikan Bahasa; Riset Bahasa | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia - S1 | ||||||
Depositing User: | Ms Nur Afni Taflikhatun | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2023 02:56 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2023 02:56 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1441 |
Actions (login required)
View Item |