SALAFI, Salma Naiska (2023) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PEER TEACHING DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DITINJAU DARI KOLABORASI SISWA KELAS V PADA PELAJARAN IPA SDN JATISAWIT 01BUMIAYU. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK -SAL;MA NAISKA SALAFI-40218080-SKRIPSI 2023.docx - Published Version Download (14kB) |
|
PDF (COVER)
COVER -SAL;MA NAISKA SALAFI-40218080-SKRIPSI 2023.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I -SAL;MA NAISKA SALAFI-40218080-SKRIPSI 2023.pdf - Published Version Download (284kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II -SAL;MA NAISKA SALAFI-40218080-SKRIPSI 2023.pdf - Published Version Download (452kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III -SAL;MA NAISKA SALAFI-40218080-SKRIPSI 2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV -SAL;MA NAISKA SALAFI-40218080-SKRIPSI 2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V -SAL;MA NAISKA SALAFI-40218080-SKRIPSI 2023.pdf - Published Version Download (258kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN -SAL;MA NAISKA SALAFI-40218080-SKRIPSI 2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (ARTIKE;)
ARTIKEL -SAL;MA NAISKA SALAFI-40218080-SKRIPSI 2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari permasalahan di SD Negri Jatisawit 01 yaitu Kurangnya guru dalam menggunakan model pembelajaran dan rendahnya kolaborasi pembelajaran pada siswa khususnya pada mata pelajara IPA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Peer Teaching dan Teams Games Tournament (TGT) ditinjau dari kolaborasi siswa pada pelajaran IPA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Solomon Four Group. pengambilan sampel dilakukan dengan sampling jenuh dengan jumlah sampel 100 responden yaitu sebanyak kelas VA berjumlah 32 siswa dan kelas VB berjumlah 23 siswa di SD Negri Jatisawit 01 sebagai kelas Eksperimen dan 20 siswa kelas VA dan kelas VB berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengambilan data dengan cara membagikan angket. Dilanjutkan dengan Teknik analisis data menggunakan uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji T. Hasil penelitian ini menjukan bahwa perbedaan model pembelajaran Peer Teaching dan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di tinjau dari Kolaborasi siswa kelas V pada pembelajaran IPA terdapat perbedaan. Hasil ini dibuktikan dari hasil uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji t-test dengan bantuan aplikasi SPSS. 22 bahwa perbedaan model pembelajaran Peer Teaching dan Teams Games Tournament (TGT) ditinjau dari kolaborasi siswa kelas V pada pelajaran IPA yaitu Peer Teaching sebesar 0,034 < 0,05 dan hasil nilai sig. kelas Teams Games Tournament 0,010 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pada model pembelajaran Peer Teaching dan Teams Games Tournament (TGT).
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Peer Teaching dan Teams Games Tournament (TGT) kolaborasi pembelajaran IPA. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Ms Nur Afni Taflikhatun | ||||||
Date Deposited: | 21 Dec 2023 03:16 | ||||||
Last Modified: | 21 Dec 2023 03:16 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1519 |
Actions (login required)
View Item |