Aryani, Rika (NIM.40215026) (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V SD NEGERI TONJONG 01 TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215026_HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (657kB) | Preview |
|
|
Text
40215026_BAB I.pdf - Accepted Version Download (400kB) | Preview |
|
Text
40215026_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (353kB) |
||
|
Text
40215026_BAB III.pdf - Accepted Version Download (640kB) | Preview |
|
Text
40215026_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (697kB) |
||
|
Text
40215026_BAB V.pdf - Accepted Version Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
40215026_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (493kB) | Preview |
|
Text
40215026_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya prestasi belajar IPA dan keaktifan siswa. Pada saat pembelajaran IPA berlangsung siswa kurang aktif atau pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Prestasi belajar IPA siswa masih rendah karena masih banyak siswa yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Mininal yang telah di tetapkan yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata prestasi belajar IPA siswa menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dapat mencapai KKM serta mengetahui rata-rata prestasi belajar IPA dan keaktifan siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih baik dibandingkan rata-rata prestasi belajar IPA dan keaktifan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Populasi dan sampel penelitian ditentukan melalui teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan diantaranya uji ketuntasan rata-rata, uji ketuntasan proporsi, dan uji beda rata-rata. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata prestasi belajar IPA siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dapat mencapai KKM. Rata-rata prestasi belajar IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share adalah 81,73 lebih baik dibandingkan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 75,00. Rata- rata keaktifan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share adalah 82,46 lebih baik dibandingkan keaktifan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 75,61. Karena memenuhi ketiga kriteria keefektifaan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share efektif terhadap prestasi belajar IPA dan keaktifan siswa.
Actions (login required)
View Item |