Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGARUH MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA KELAS V DI SD NEGERI JERUKLEGI WETAN 03 TAHUN AJARAN 2018/2019

Ningrum, Winda Bakti Setia (NIDN.40215034) (2019) PENGARUH MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA KELAS V DI SD NEGERI JERUKLEGI WETAN 03 TAHUN AJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40215034_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215034_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (106kB) | Preview
[img] Text
40215034_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
40215034_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (441kB) | Preview
[img] Text
40215034_Bab4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (553kB)
[img]
Preview
Text
40215034_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215034_Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (158kB) | Preview
[img] Text
40215034_Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2026.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang mampunya siswa menggunakan ejaan bahasa dalam menulis cerita dan model yang diterapkan belum maksimal serta membosankan. Penelitian ini dirumuskan, pembelajaran dengan menggunakan model concept sentence dapat mencapai ketuntasan KKM dan apakah ada pengaruh model concept sentence terhadap keterampilan menulis cerita. Hal ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dengan menggunakan model concept sentence dapat mencapai ketuntasan KKM dan terdapat pengaruh model concept sentence terhadap keterampilan menulis cerita. Pengambilan sampel menggunakan semua siswa kelas V. Populasinya berjumlah dua kelas yang terdiri dari kelas VA dan VB. Metode penelitian yang dilakukan yaitu eksperimen dengan Posttest-Only Control Design. Teknik analisis data menggunakan analisis uji ketuntasan KKM dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji ketuntasan individual thitung = 7,548 ≥ 1,720 = ttabel. Uji Ketuntasan Klasikal Z = 1,228 ≥ - 0,45 = -Z0,45. Persamaan regresi linear yang diperoleh yaitu -5,105 + 0,079X tabel coefficients diperoleh nilai thitung sebesar 10,516, diperoleh ttabel = 1,724, karena thitung > ttabel , jadi dapat disimpulkan bahwa data yang diperoleh signifikansi terdapat pengaruh model concept sentence terhadap keterampilan menulis cerita dan sebaiknya untuk meningkatkan keterampilan dan aktivitas siswa dalam pembelajaran dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKhoirurrohman, M.Pd., Taufiq (NIDN.0604039101)UNSPECIFIED
ExaminerFasha, S.Si., M.Pd., Eka Farida (NIDN.0606098602)UNSPECIFIED
ExaminerSuprapto, M.Pd., Yuni (NIDN.0626068702)UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Concept Sentence, Keterampilan Menulis.
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
800 Kesusasteraan > Retorik, Retorika dan Kumpulan Karya Sastra > Teknik Penulisan,Teknik Mengarang,Teknik Editorial
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 25 Nov 2019 03:34
Last Modified: 25 Nov 2019 03:34
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/563

Actions (login required)

View Item View Item