Ningrum, Winda Bakti Setia (NIDN.40215034) (2019) PENGARUH MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA KELAS V DI SD NEGERI JERUKLEGI WETAN 03 TAHUN AJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215034_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
40215034_Bab1.pdf - Accepted Version Download (106kB) | Preview |
|
Text
40215034_Bab2.pdf Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (199kB) |
||
|
Text
40215034_Bab3.pdf - Accepted Version Download (441kB) | Preview |
|
Text
40215034_Bab4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (553kB) |
||
|
Text
40215034_Bab5.pdf - Accepted Version Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
40215034_Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (158kB) | Preview |
|
Text
40215034_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang mampunya siswa menggunakan ejaan bahasa dalam menulis cerita dan model yang diterapkan belum maksimal serta membosankan. Penelitian ini dirumuskan, pembelajaran dengan menggunakan model concept sentence dapat mencapai ketuntasan KKM dan apakah ada pengaruh model concept sentence terhadap keterampilan menulis cerita. Hal ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dengan menggunakan model concept sentence dapat mencapai ketuntasan KKM dan terdapat pengaruh model concept sentence terhadap keterampilan menulis cerita. Pengambilan sampel menggunakan semua siswa kelas V. Populasinya berjumlah dua kelas yang terdiri dari kelas VA dan VB. Metode penelitian yang dilakukan yaitu eksperimen dengan Posttest-Only Control Design. Teknik analisis data menggunakan analisis uji ketuntasan KKM dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji ketuntasan individual thitung = 7,548 ≥ 1,720 = ttabel. Uji Ketuntasan Klasikal Z = 1,228 ≥ - 0,45 = -Z0,45. Persamaan regresi linear yang diperoleh yaitu -5,105 + 0,079X tabel coefficients diperoleh nilai thitung sebesar 10,516, diperoleh ttabel = 1,724, karena thitung > ttabel , jadi dapat disimpulkan bahwa data yang diperoleh signifikansi terdapat pengaruh model concept sentence terhadap keterampilan menulis cerita dan sebaiknya untuk meningkatkan keterampilan dan aktivitas siswa dalam pembelajaran dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Concept Sentence, Keterampilan Menulis. | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 800 Kesusasteraan > Retorik, Retorika dan Kumpulan Karya Sastra > Teknik Penulisan,Teknik Mengarang,Teknik Editorial |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2019 03:34 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Nov 2019 03:34 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/563 |
Actions (login required)
View Item |