Sadiyah, Halimatus (NIM.40215082 (2019) ANALISIS KESULITAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI JATISAWIT 03 TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215082_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
40215082_BAB I.pdf - Accepted Version Download (360kB) | Preview |
|
Text
40215082_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (314kB) |
||
|
Text
40215082_BAB III.pdf - Accepted Version Download (169kB) | Preview |
|
Text
40215082_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (1MB) |
||
|
Text
40215082_BAB V.pdf - Accepted Version Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
40215082_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
40215082_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Download (15MB) | Preview |
Abstract
Hasil wawancara di SD Negeri Jatisawit 03 diperoleh informasi bahwa siswa kelas V mengalami kesulitan dalam matematika. Kesulitan tersebut disebabkan karena siswa merasa takut pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan matematis siswa ditinjau dari gaya belajar siswa. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi dan validasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual mengalami kesulitan dalam menentukan rumus seperti salah dalam menuliskan rumus, serta kesulitan dalam melakukan perhitungan seperti pada perkalian dan mengubah satuan. Siswa dengan gaya belajar auditori mengalami kesulitan dalam melakukan perhitungan seperti penjumlahan, perkalian, dan pembagian serta mengalami kesulitan dalam menggunakan rumus seperti kekeliruan dalam menggunakan simbol. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mengalami kesulitan dalam memahami soal seperti sulit dalam menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dan kesulitan dalam melakukan perhitungan seperti perkalian. Jadi kesimpulannya adalah siswa dengan gaya belajar visual mengalami kesulitan dalam menuliskan rumus dan kesulitan dalam melakukan perhitungan. Siswa dengan gaya belajar auditori mengalami kesulitan dalam melakukan perhitungan dan kesulitan dalam menggunakan rumus. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mengalami kesulitan dalam menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan serta kesulitan dalam melakukan perhitungan. Oleh karena itu, guru harus mampu memperhatikan gaya belajar siswa agar materi yang diajarkan dapat dipahami dengan mudah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Matematis, Gaya Belajar | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Dec 2019 07:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Dec 2019 07:36 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/626 |
Actions (login required)
View Item |