Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGEMBANGAN LKS STEM BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

WATI, Mei Sekar (2020) PENGEMBANGAN LKS STEM BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (COVER)
COVER-Mei Sekar Wati-40216038-Skripsi-2020.pdf - Published Version

Download (966kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Mei Sekar Wati-40216038-Skripsi-2020.docx - Published Version

Download (17kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-Mei Sekar Wati-40216038-Skripsi-2020.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-Mei Sekar Wati-40216038-Skripsi-2020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-Mei Sekar Wati-40216038-Skripsi-2020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-Mei Sekar Wati-40216038-Skripsi-2020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-Mei Sekar Wati-40216038-Skripsi-2020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Mei Sekar Wati-40216038-Skripsi-2020.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Mei Sekar Wati-40216038-Skripsi-2020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan terbatasnya bahan ajar dan rendahnya literasi sains siswa khususnya pada mata pelajaran IPA di SD Negeri Bumiayu 03. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan produk dan mengetahui efektivitas penggunaan LKS STEM berbasis Etnosains dalam meningkatkan literasi sains siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain Pre-Experimental Design jenis One Group Pretest-Postest Design dan menggunakan model 4D dari Thiagarajan. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling purposive dengan jumlah sampel 28 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan uji prasyarat dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian diperoleh (1) LKS IPA STEM berbasis Etnosains layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi media 4,15 yang termasuk dalam kategori baik dan hasil validasi media 4 yang termasuk dalam kategori baik. (2) LKS IPA STEM berbasis Etnosains memiliki pengaruh ditunjukan dari hasil literatur review. Saran dari penelitian ini adalah pendidik sebaiknya dapat lebih mengembangkan LKS IPA dengan pendekatan yang lain terutama dalam meningkatkan literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWINARTO, WinartoNIDN0612118801
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, LKS STEM Berbasis STEM, Literasi sains
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Sains, IPA, Teknologi dan Kesehatan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 08 Sep 2022 05:51
Last Modified: 08 Sep 2022 05:51
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/931

Actions (login required)

View Item View Item