WATI, Mei Sekar (2020) PENGEMBANGAN LKS STEM BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Mei Sekar Wati-40216038-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (966kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Mei Sekar Wati-40216038-Skripsi-2020.docx - Published Version Download (17kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Mei Sekar Wati-40216038-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (147kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Mei Sekar Wati-40216038-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Mei Sekar Wati-40216038-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Mei Sekar Wati-40216038-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Mei Sekar Wati-40216038-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-Mei Sekar Wati-40216038-Skripsi-2020.pdf - Published Version Download (120kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-Mei Sekar Wati-40216038-Skripsi-2020.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan terbatasnya bahan ajar dan rendahnya literasi sains siswa khususnya pada mata pelajaran IPA di SD Negeri Bumiayu 03. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan produk dan mengetahui efektivitas penggunaan LKS STEM berbasis Etnosains dalam meningkatkan literasi sains siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain Pre-Experimental Design jenis One Group Pretest-Postest Design dan menggunakan model 4D dari Thiagarajan. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling purposive dengan jumlah sampel 28 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan uji prasyarat dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian diperoleh (1) LKS IPA STEM berbasis Etnosains layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi media 4,15 yang termasuk dalam kategori baik dan hasil validasi media 4 yang termasuk dalam kategori baik. (2) LKS IPA STEM berbasis Etnosains memiliki pengaruh ditunjukan dari hasil literatur review. Saran dari penelitian ini adalah pendidik sebaiknya dapat lebih mengembangkan LKS IPA dengan pendekatan yang lain terutama dalam meningkatkan literasi sains siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, LKS STEM Berbasis STEM, Literasi sains | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Sains, IPA, Teknologi dan Kesehatan |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2022 05:51 | ||||||
Last Modified: | 08 Sep 2022 05:51 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/931 |
Actions (login required)
View Item |