MULYANI, Nungki (2022) EFEKTIVITAS TEKNIK PERMAINAN KARTU MEMO DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI CILIBANG 02 TAHUN AJARAN 2022/2023. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVERIND)
COVER-NUNGKI MULYANI-40218043-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (390kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-NUNGKI MULYANI-40218043-SKRIPSI-2022.docx - Accepted Version Download (12kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-NUNGKI MULYANI-40218043-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (85kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-NUNGKI MULYANI-40218043-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-NUNGKI MULYANI-40218043-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-NUNGKI MULYANI-40218043-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-NUNGKI MULYANI-40218043-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-NUNGKI MULYANI-40218043-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (99kB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-NUNGKI MULYANI-40218043-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-NUNGKI MULYANI-40218043-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini rendahnya hasil belajar, siswa masih kesulitan menulis aksara Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa dan untuk mengetahui keterlaksanaannya teknik permainna kartu memo dalam keterampilan menulis aksara Jawa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pre-eksperimental design jenis one Group Pretest-Postest desigent. Populasi pada penelitian ini siswa kelas V SDN Cilibang 02 yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian diperoleh 1)teknik permainan kartu memo dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa pada siswa kelas V SDN Cilibang 02 hal ini berdasarkan analisis menggunakan uji paired-samples t test diperoleh nilai rata-rata Pre test 60,38 dan rata-rata Pos test 79,15. 2) Teknik permainan kartu memo dinyatakan efektiv untuk keterampilan menulis aksara Jawa berdasarkan hasil observasi perjalanan pembelajaran menggunakan teknik permainna krtu memo terdapat nilai rata-rata pertemuan 1-5 mendapat skor 15,70 masuk kategori baik
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Teknik permainan kartu memo, Keterampilan menulis aksara Jawa | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 400 Ilmu Bahasa, Kebahasaan > Bahasa Jawa |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Editor Repository | ||||||
Date Deposited: | 19 Dec 2022 03:23 | ||||||
Last Modified: | 19 Dec 2022 03:23 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1146 |
Actions (login required)
View Item |