Search for collections on Repository Universitas Peradaban

Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Untuk Siswa Kelas X SMK Islam Bina Nusantara Gumelar

WANDIRA, Bidara Nali (2022) Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Untuk Siswa Kelas X SMK Islam Bina Nusantara Gumelar. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (COVER)
COVER-BIDARA NALI WANDIRA-40318003-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-BIDARA NALI WANDIRA-40318003-SKRIPSI-2022.docx - Published Version

Download (10kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-BIDARA NALI WANDIRA-40318003-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-BIDARA NALI WANDIRA-40318003-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-BIDARA NALI WANDIRA-40318003-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-BIDARA NALI WANDIRA-40318003-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-BIDARA NALI WANDIRA-40318003-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-BIDARA NALI WANDIRA-40318003-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-BIDARA NALI WANDIRA-40318003-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-BIDARA NALI WANDIRA-40318003-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan video pembelajaran interaktif yang valid dan praktis agar dapat diterapkan sebagai media pembelajaran matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel untuk siswa kelas X SMK Islam Bina Nusantara Gumelar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada salah satau model atau pendekatan desain sistem pembelajaran yaitu model ADDIE yang merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Islam Bina Nusantara Gumelar yang berjumlah 15 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi media dan materi serta angket respon siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kevalidan video pembelajaran interaktif berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi mendapatkan rata-rata persentase keseluruhan sebesar 97,3% dengan kriteria “sangat valid”. (2) Kepraktisan video pembelajaran interaktif berdasarkan respon siswa dan guru setelah menggunakan media mendapatkan rata-rata persentase keseluruhan sebesar 98,1% yang termasuk kriteria “sangat praktis”. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan video pembelajaran interaktif dapat dikatakan layak dengan kategori valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFASHA, Eka Faridanidn0606098602
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran Interaktif, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: S.E. Khozin Khozin
Date Deposited: 16 Jan 2023 04:23
Last Modified: 16 Jan 2023 04:23
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1225

Actions (login required)

View Item View Item