WANDIRA, Bidara Nali (2022) Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Untuk Siswa Kelas X SMK Islam Bina Nusantara Gumelar. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-BIDARA NALI WANDIRA-40318003-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-BIDARA NALI WANDIRA-40318003-SKRIPSI-2022.docx - Published Version Download (10kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-BIDARA NALI WANDIRA-40318003-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Download (85kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-BIDARA NALI WANDIRA-40318003-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-BIDARA NALI WANDIRA-40318003-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-BIDARA NALI WANDIRA-40318003-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-BIDARA NALI WANDIRA-40318003-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-BIDARA NALI WANDIRA-40318003-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Download (59kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-BIDARA NALI WANDIRA-40318003-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-BIDARA NALI WANDIRA-40318003-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan video pembelajaran interaktif yang valid dan praktis agar dapat diterapkan sebagai media pembelajaran matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel untuk siswa kelas X SMK Islam Bina Nusantara Gumelar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada salah satau model atau pendekatan desain sistem pembelajaran yaitu model ADDIE yang merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Islam Bina Nusantara Gumelar yang berjumlah 15 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi media dan materi serta angket respon siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kevalidan video pembelajaran interaktif berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi mendapatkan rata-rata persentase keseluruhan sebesar 97,3% dengan kriteria “sangat valid”. (2) Kepraktisan video pembelajaran interaktif berdasarkan respon siswa dan guru setelah menggunakan media mendapatkan rata-rata persentase keseluruhan sebesar 98,1% yang termasuk kriteria “sangat praktis”. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan video pembelajaran interaktif dapat dikatakan layak dengan kategori valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran Interaktif, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 | ||||||
Depositing User: | S.E. Khozin Khozin | ||||||
Date Deposited: | 16 Jan 2023 04:23 | ||||||
Last Modified: | 16 Jan 2023 04:23 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1225 |
Actions (login required)
View Item |