KHUSNAENI, Nurfia (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-Nurfia Khusnaeni-40218062-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (831kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-Nurfia Khusnaeni-40218062-SKRIPSI-2022.docx - Accepted Version Download (15kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-Nurfia Khusnaeni-4021862-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (323kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-Nurfia Khusnaeni-40218062-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-Nurfia Khusnaeni- 40218062-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (516kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-Nurfia Khusnaeni-40218062-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-Nurfia Khusnaeni-40218062-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-NURFIA KHUSNAENI-40218062-SKRIPSI-2022.pdf - Published Version Download (209kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-NURFIA KHUSNAENI-40218062-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (ARATIKEL)
ARTIKEL-NURFIA KHUSNAENI-40218062-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (493kB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini ditemukan pada saat peneliti melakukan wawancara bahwa kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep rendah khususnya pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning berbasis etnosains di Sekolah Dasar.. Metode yang digunakan adalah eksperimen, dengan desain quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Sample penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 1 Lumbir sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri 2 Lumbir sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent Sample Test, yang sebulumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil uji hipotesis menggunakan bantuan software SPSS versi 25 diperoleh data kemampuan berpikir kritis Sig < α yaitu 0,004 < 0,05 pada taraf signifikansi 0,05 atau 5% sehingga H0 ditolak Ha diterima. Kemudian hasil hipotesis pemahaman konsep Sig < α yaitu 0,004 < 0,05 pada taraf signifikansi 0,05 atau 5% sehingga H0 ditolak Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis etnosains terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnosains, Kemampuan Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep, Siswa SD. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Editor Repository | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 04:35 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 04:35 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1271 |
Actions (login required)
View Item |