NIRMALA, Nirmala (2022) PERAN ORANG TUA DITINJAU DARI STATUS EKONOMI DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING KEGIATAN BELAJAR SELAMA PANDEMI SISWA KELAS IV SD NEGERI KALIWADAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-NIRMALA-40217056-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (9kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-NIRMALA-40217056-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-NIRMALA-40217056-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (96kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-NIRMALA-40217056-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (267kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-NIRMALA-40217056-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-NIRMALA-40217056-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-NIRMALA-40217056-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (23kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-NIRMALA-40217056-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (125kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-NIRMALA-40217056-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-NIRMALA-40217056-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam membimbing kegiatan belajar dari rumah pada siswa kelas IV SD/MI. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD N Kaliwadas 01, pada bulan November sampai dengan januari 2020. Sumber data yang digunakan data primer menggunakan wawancara guru, orang tua dan siswa, data sekunder yang berupa dokumentasi. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini terhadap peran orang tua membimbing kegiatan belajar dari rumah selama pandemi covid-19 hasil wawancara, observasi, maupun dokumentasi mengenai peran orangtua dalam pembelajaran dari rumah terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan pada orang tua saat membimbing kegiatan belajar dari rumah, beberapa masalah tersebut dapat disimpulkan pada penelitian ini: kurangnya siswa dalam memahami materi sehingga mengharuskan orang tua mempelajari materi yang bukan di bidangnya, keterbatasan fasilitas terutama dalam hal kuota, latar belakang pendidikan orang tua. Peran aktif orang tua dalam pendampingan belajar, mengarahkan anak untuk belajar dengan baik, membatasi anak bermain gadget dan orang tua memberikan fasilitas untuk anak
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Orang Tua, Bimbingan Belajar, Pembelajaran Daring | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Ms Nur Afni Taflikhatun | ||||||
Date Deposited: | 16 Dec 2023 02:58 | ||||||
Last Modified: | 16 Dec 2023 02:58 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1507 |
Actions (login required)
View Item |