PATIMAH, Atik (2023) EFEKTIVITAS PJBL ETNOSAINS BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-ATIK PATIMAH-40218074-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (12kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-ATIK PATIMAH-40218074-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-ATIK PATIMAH-40218074-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (81kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-ATIK PATIMAH-40218074-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (268kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-ATIK PATIMAH-40218074-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-ATIK PATIMAH-40218074-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-ATIK PATIMAH-40218074-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (18kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-ATIK PATIMAH-40218074-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-ATIK PATIMAH-40218074-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
Abstract
Strategi pembelajaran di abad 21 yang menekankan pada kemampuan berpikir kritis siswa diperlukan penggunaan model pembelajaran yang dapat memberikan peran aktif siswa dalam berkreasi, dan membangun pengetahuannya sendiri melalui sebuah pengelaman nyata dan pengintegrasian budaya lokal daerah ke dalam materi menggunakan pendekatan etnosains. Model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran project based learning berbasis etnosains berbantuan media YouTube. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai siswa setelah penggunaan model pembelajaran PJBL etnosains berbantuan media YouTube tuntas secara KKM atau tidak dan untuk mengetahui perbedaan nilai posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah digunakannya model pembelajaran PJBL etnosains berbantuan media YouTube. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kretek 01 dan SD Negeri Kretek 02. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV di SD Negeri Kretek 01 sebanyak 22 siswa dan di SD Negeri Kretek 02 sebanyak 11 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil Uji One Sampel T-test diperoleh hasil nilai signifikansi 2-tailed < 0.05 yaitu sebesar 0.006 sehingga ha diterima. Artinya nilai siswa tunta secara KKM. Serta hasil uji independent sample t-test sebesar 80.00 dan 72.73 untuk rata-rata dan untuk nilai signifikansi sebesar 0.035 dan 0.028 yang mana < 0.05 sehingga ha diterima. Artinya nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa meningkat setelah digunakannya model pembelajaran PJBL etnosains berbantuan media YouTube, yang dibuktikan dengan peningkatan nilai hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri Kretek 01 dan SD Negeri Kretek 02.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | PJBL, Etnosains, YouTube, Keterampilan Berpikir Kritis | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Ms Nur Afni Taflikhatun | ||||||
Date Deposited: | 20 Dec 2023 04:33 | ||||||
Last Modified: | 20 Dec 2023 04:33 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1516 |
Actions (login required)
View Item |