LESTARI, Arum (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) BERBANTUAN MEDIA KOMIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-ARUM LESTARI-40219001-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (25kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-ARUM LESTARI-40219001-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (789kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-ARUM LESTARI-40219001-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (318kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-ARUM LESTARI-40219001-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (354kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-ARUM LESTARI-40219001-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-ARUM LESTARI-40219001-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-ARUM LESTARI-40219001-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (187kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-ARUM LESTARI-40219001-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (413kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-ARUM LESTARI-40219001-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-ARUM LESTARI-40219001-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya suatu model pembelajaran yang dinilai dapat mengatasi permasalahan pada saat siswa merasa bosan, pembelajaran tidak efektif dan kemampuan literasi numerasi siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran VAK berbantuan media komik terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas V SD yang dilihat dari perbedaan kemampuan literasi numerasi siswa antara kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional dengan siswa kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran VAK berbantuan media komik. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental design, teknik rancangan nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD desa Kaliwadas, sedangkan sampel penelitiannya siswa kelas V SD Negeri Kaliwadas 01, dan siswa kelas V SD Negeri Kaliwadas 03. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t test. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sign (2-tailed) sebesar 0,036 < 0,05, yang berarti bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata posttest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran VAK berbantuan media komik terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas V sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran VAK, Media Komik, Literasi Numerasi | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Ms Nur Afni Taflikhatun | ||||||
Date Deposited: | 21 Dec 2023 03:16 | ||||||
Last Modified: | 21 Dec 2023 03:16 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1520 |
Actions (login required)
View Item |