AMALIYAH, Suci (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBASIS PERMAINAN SAMBUNG KATA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-SUCI AMALIYAH-40219015-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (22kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-SUCI AMALIYAH-40219015-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (797kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-SUCI AMALIYAH-40219015-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (125kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-SUCI AMALIYAH-40219015-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (268kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-SUCI AMALIYAH-40219015-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-SUCI AMALIYAH-40219015-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-SUCI AMALIYAH-40219015-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (34kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-SUCI AMALIYAH-40219015-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (169kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-SUCI AMALIYAH-40219015-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-SUCI AMALIYAH-40219015-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa yang rendah ditunjukkan dengan adanya perilaku siswa yang pasif ketika proses pembelajaran berlangsung terutama pada saat proses tanya jawab, hal tersebut sejalan dengan kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pembelajaran matematika yang juga rendah hanya sekitar 40% ketuntasannya, berpikir kritis siswa yang rendah ini dilihat dari kesulitan siswa dalam menalar dan memahami soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas yang diterapkan model pembelajaran talking stick berbasis permainan sambung kata dengan kelas yang menggunakan metode konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III sekolah dasar, dengan sampel kelas III SD Negeri Jatisawit 03 dan SD Negeri Kaliwadas 03. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dan angket, sementara teknik analisis data yang digunakan berupa uji Independent sample T test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dari kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran talking stick berbasis permainan sambung kata dibanding dengan kelas yang tidak diberi perlakuan, sehingga diterima dengan hasil berpikir kritis menunjukkan sig. 0.000 < 0,05 dan motivasi belajar menunjukkan sig. 0,004 < 0,05. Dengan demikian kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa di kelas jauh lebih baik ketika diberi metode pembelajaran talking stick berbasis permainan sambung kata dibanding dengan metode konvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar, Permainan Sambung Kata Talking Stick,. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Ms Nur Afni Taflikhatun | ||||||
Date Deposited: | 21 Dec 2023 03:17 | ||||||
Last Modified: | 21 Dec 2023 03:17 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1531 |
Actions (login required)
View Item |