AYUNINGSIH, Ayuningsih (2023) PENGEMBANGAN BUKU PENDAMPING SISWA BERBASIS PENDIDIKAN MORAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SELF CONTROL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-AYUNINGSIH-40219024-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (12kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-AYUNINGSIH-40219024-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
PDF (BB I)
BAB I-AYUNINGSIH-40219024-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (195kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-AYUNINGSIH-40219024-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (352kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-AYUNINGSIH-40219024-SKRIPSI-2023 (1).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-AYUNINGSIH-40219024-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-AYUNINGSIH-40219024-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (112kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-AYUNINGSIH-40219024-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (177kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-AYUNINGSIH-40219024-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-AYUNINGSIH-40219024-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (528kB) |
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini ialah kurangnya ketersediaan buku pendamping yang menarik dan rendahnya kemampuan Self Control siswa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pendamping berbasis pendidikan moral untuk meningkatkan kemampuan Self Control siswa. Jenis penelitian ini ialah Research and development (R&D) menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Mauhibul Athfal dan MI Hidayatul Athfal. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan observasi. Adapun analisis data pada penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian diperoleh (1) Buku pendamping berbasis pendidikan moral layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi ahli media sebesar 88 dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 94,67 dan respon siswa sebesar 98,95 dengan kategori sangat layak. (2) hasil uji t menunjukan nilai Sig. (2-tailed) 0,014 < 0,05, Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan buku pendamping berbasis pendidikan moral. Maka dapat dikatakan bahwa buku pendamping berbasis pendidikan moral mampu meningkatkan kemampuan self control siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Buku Pendamping, Pendidikan Moral, Self Control. | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Ms Nur Afni Taflikhatun | ||||||
Date Deposited: | 20 Dec 2023 04:33 | ||||||
Last Modified: | 20 Dec 2023 04:33 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1537 |
Actions (login required)
View Item |