Search for collections on Repository Universitas Peradaban

EFEKTIVITAS MODEL BASED LEARNING BERBASIS PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III

HODRESTU, Irpan (2023) EFEKTIVITAS MODEL BASED LEARNING BERBASIS PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] PDF (COVER)
Cover-40216028-Irfan Hondrestu-Skripsi-2023.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-40216028-Irfan Hondrestu-Skripsi-2023.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-40216028-Irfan Hondrestu-Skripsi-2023.pdf - Published Version

Download (793kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-40216028-Irfan Hondrestu-Skripsi-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-40216028-Irfan Hondrestu-Skripsi-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-40216028-Irfan Hondrestu-Skripsi-2023.pdf - Published Version

Download (506kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka-40216028-Irfan Hondrestu-Skripsi-2023.pdf - Published Version

Download (11kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran-40216028-Irfan Hondrestu-Skripsi-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] PDF (ARTIKEL)
Artikel-40216028-Irfan Hondrestu-Skripsi-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya masih kurang efektif dan belum menggunakan model pembelajaran yang tepat. Kemudian hasil wawancara dengan 20 siswa dari 29 siswa kelas III SD Negeri Sindangwangi 03 memperoleh data yaitu17 dari 20 siswa yang di wawancarai, rata-rata menjawab malas, bosan dan kurang paham dengan materi yang diajarkan oleh guru ketika di sekolah, kemudian sisanya tidak menjawab dan malah sibuk sendiri. Penyebab utamanya adalah karena guru ketika mengajar masih menggunakan cara lama, yang menyebabkan siswa kurang tertarik dalam pelajaran PPKn yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Selain itu, contoh - contoh dan penjelasan yang diberikan oleh guru masih jauh dari kata konkret dan guru menerangkan pembelajaran masih bersifat abstrak sehingga siswa sulit dalam memahami materi yang diajarkan, guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat dan menarik agar siswa termotivasi, senang, menjadi lebih semangat dan aktif untuk mengikuti pembelajaran.. Tujuan penelitian Ini adalah untuk peningkatan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Siswa. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one grup pretest postes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di Sekolah Dasar Negeri Sindangwangi 03, sedangkan sampel penelitiannya seluruh siswa kelas III SD Negeri Sindangwangi 03. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji T-Paired. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai diperoleh nilai signifikansinya adalah 0,001 dengan taraf kepercayaan 95% maka Sig. < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Picture and Picture terhadap hasil belajar dilihat dari pretest dan postest siswa SDN Sindangwangi 03.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorZAHRO, Umi ChabibatusNIDN 0609019001
Uncontrolled Keywords: Model PBL, Media Picture and Picture, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Ms Nur Afni Taflikhatun
Date Deposited: 21 Dec 2023 03:17
Last Modified: 21 Dec 2023 03:17
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1540

Actions (login required)

View Item View Item