MUSPIROH, Novita (2023) EFEKTIVITAS MODEL AUDITORY, INTELLECTUALLY AND REPETITION BERBANTUAN APLIKASI PLOTAGON TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-NOVITA MUSPIROH-40219059-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (11kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-NOVITA MUSPIROH-40219059-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (436kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-NOVITA MUSPIROH-40219059-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (144kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-NOVITA MUSPIROH-40219059-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (169kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-NOVITA MUSPIROH-40219059-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-NOVITA MUSPIROH-40219059-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-NOVITA MUSPIROH-40219059-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (124kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-NOVITA MUSPIROH-40219059-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (206kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-NOVITA MUSPIROH-40219059-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-NOVITA MUSPIROH-40219059-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya berpikir kritis siswa di Indonesia yang dibuktikan dengan data TIMSS dan PISA. Data awal pada nilas PAS Gasal tahun 20022/2023 mata Pelajaran matematika pada soal uraian menunjukkan siswa masih belum bisa menyelesaikan masalah dalam soal. Berdasarkan observasi awal, terdapat guru yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional, sarana, prasarana yang kurang menunjang dan kurangnya keterlibatan orang tua dalam membimbing anak dirumah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah efektif dengan digunakannya model pembelajaran AIR berbantuan aplikasi plotagon untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sebagai inovasi pembelajaran yang diterapkan di MI Muhammadiyah Langkap. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dan sampel penelitaian ini adalah siswa kelas V MI Muhammadiyah Langkap, dengan kelas V A sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian setelah dilakukan uji t independent menunjukkan Thitung sebesar - 2,6273 dan Ttabel sebesar -1,68595 sehingga Thitung >Ttabel artinya Hₒ ditolak. Uji t paired menunjukkan Thitung sebesar 33,92 dan Ttabel sebesar 2,09302 sehingga Thitung > Ttabel artinya Hₒ ditolak. Serta uji N gain memperoleh 0,77 artinya Hₒ ditolak. Sehingga dapat disimpulkan aktifitas penggunaan model AIR berbantuan aplikasi plotagon efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model AIR, Ketrampilan berpikir kritis, Plotagon, Sekolah Dasar | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Ms Nur Afni Taflikhatun | ||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2024 07:16 | ||||||
Last Modified: | 09 Jan 2024 07:16 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1553 |
Actions (login required)
View Item |