Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGARUH MEDIA WAYANG KERTAS DAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA BAHASA JAWA SISWA KELAS V MI MA’ARIF NU 01 KARANGKEMIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Rahmawati, Asih Diana (NIM.40214126) (2019) PENGARUH MEDIA WAYANG KERTAS DAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA BAHASA JAWA SISWA KELAS V MI MA’ARIF NU 01 KARANGKEMIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40214072-Halaman Judul.pdf - Accepted Version

Download (996kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40214072-BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (204kB) | Preview
[img] Text
40214072-BAB 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 22 September 2026.

Download (385kB)
[img]
Preview
Text
40214072-BAB 3.pdf - Accepted Version

Download (462kB) | Preview
[img] Text
40214072-BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (139kB)
[img]
Preview
Text
40214072-BAB 5.pdf - Accepted Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40214072-Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (106kB) | Preview
[img] Text
40214072-Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2026.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah siswa tidak menyukai mata pelajaran Bahasa Jawa, kurang antusias, suasana belajar kurang menarik dan rendahnya gairah belajar. Hal itu menjadi penyebab nilai rendahpada mata pelajaran Bahasa Jawa terutama pada keterampilan bercerita Bahasa Jawa.Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Seberapabesar pengaruh Media Wayang Kertas terhadap keterampilan bercerita Bahasa Jawa siswa kelas V MI Ma’arif NU 01 Karangakemiri Tahun Pelajaran 2018/2019, (2) Seberapa besar pengaruh Media Gambar Seri terhadap keterampilan bercerita Bahasa Jawa siswa kelas V MI Ma’arif NU 01 Karangkemiri Tahun Pelajaran 2018/2019, (3) Seberapa besar pengaruh Media Wayang Kertas dan Media Gambar Seri terhadap keterampilan bercerita Bahasa Jawa siswa kelas V MI Ma’arif NU 01 Karangakemiri Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui seberapa besar pengaruh Media Wayang Kertas terhadap keterampilan bercerita Bahasa Jawa siswa kelas V MI Ma’arif NU 01 Karangakemiri Tahun Pelajaran 2018/2019, (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh Media Gambar Seri terhadap keterampilan bercerita Bahasa Jawa siswa kelas V MI Ma’arif NU 01 Karangkemiri Tahun Pelajaran 2018/2019, (3) Mengetahui seberapa besar pengaruh Media Wayang Kertas dan Media Gambar Seri terhadap keterampilan bercerita Bahasa Jawa siswa kelas V MI Ma’arif NU 01 Karangakemiri Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan tipe desain penelitian One Shot Case Study. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma’arif NU 01 Karangkemiri yang berjumlah 16 siswa.Terdapat dua variabel bebas dalam penelitian yaitu Media Wayang Kertas dan Media Gambar Seri, sedangkan variabel terikatnya keterampilan bercerita Bahasa Jawa. Adapun cara untuk memperoleh skor keterampilan bercerita dilakukan dengan cara memberi tes uraian sebanyak dua kali dengan instrumen sebanyak 5 butir soal tiap tesnya. Hasil penelitian yaitu: (1) Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji regresi linier ganda menghasilkan harga Fhitung 0,347 < Ftabel 2,76. Maka hipotesis ditolak dan menghasilkan keputusan bahwa tidak ada pengaruh Media Wayang Kertas dan Media Gambar Seri terhadap keterampilan bercerita Bahasa Jawa siswa kelas V MI Ma’arif NU 01 Karangkemiri Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKhoirurrohman, M.Pd., Taufiq (NIDN.06040369101)UNSPECIFIED
ExaminerWinarto, M.Pd., Winarto (NIDN.0612118801)UNSPECIFIED
ExaminerTriharso, Drs., M.Pd., Agus Panji (NIDN................)UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Wayang Kertas, Gambar Seri, Keterampilan Bercerita
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Kemampuan Berbahasa, Story Telling, Bercerita, Berbicara
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 20 Nov 2019 03:38
Last Modified: 20 Nov 2019 03:38
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

View Item View Item