Jolekha, Siti (NIM.40215029) (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA KELAS IV. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215029_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
40215029_BAB I.pdf - Accepted Version Download (234kB) | Preview |
|
Text
40215029_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (221kB) |
||
|
Text
40215029_BAB III.pdf - Accepted Version Download (161kB) | Preview |
|
Text
40215029_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (856kB) |
||
|
Text
40215029_BAB V.pdf - Accepted Version Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
40215029_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (131kB) | Preview |
|
Text
40215029_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar komik berbasis PBL pada pelajaran IPA kelas IV materi daur hidup hewan dalam meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah siswa kelas IV di SD Negeri Wanatirta 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan desain One Group pretest-posttest design. Model pengembangan dimodifikasi dari model 4D. model 4 D terdiri dari 4 langkah yaitu : (1) Define, (2) Design, (3) Develop, (4) Desiminate. Teknik sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan tes. Analisis data menggunakan paired-sampel t- test. Hasil penelitian diperoleh (1) bahan ajar komik layak dan valid berdasarkan hasil validasi materi dan media sebesar 4 dan 5 dengan kategori baik dan sangat baik. (2) bahan ajar komik berbasis PBL efektif digunakan ditunjukan hasil uji t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Peneliti simpulkan bahwa pengembangan bahan ajar komik berbasis PBL valid dan layak untuk digunakan serta mampu meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah siswa kelas IV.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Bahan Ajar Komik, Problem Based Learning, IPA, Keterampilan Komunikasi Ilmiah Siswa | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 300 Ilmu Sosial, Sosiologi > 302 Interaksi Sosial; Hubungan Antarpersonal; Komunikasi > Komunikasi 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2019 03:34 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Nov 2019 03:34 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/560 |
Actions (login required)
View Item |