Munfarid, M. Ridlo (NIM.40215054) (2019) EFEKTIFITAS MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP IPS KELAS IV SDN SE-GALUHTIMUR KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215054_HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version Download (923kB) | Preview |
|
|
Text
40215054_BAB I.pdf - Accepted Version Download (32kB) | Preview |
|
Text
40215054_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (59kB) |
||
|
Text
40215054_BAB III.pdf - Accepted Version Download (152kB) | Preview |
|
Text
40215054_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (94kB) |
||
|
Text
40215054_BAB V.pdf - Accepted Version Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
40215054_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (18kB) | Preview |
|
Text
40215054_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (923kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya permasalahan yaitu kemampuan pemahaman konsep rendah dalam matapelajaran IPS.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model Group Investigation terhadap kemampuan pemahaman konsep IPS kelas IV di SDN Se-Galuhtimur Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes. Metode Penelitian ini adalah kuantitatif, pendekatan true exsperimental design, rancangan posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN se-Desa Galuhtimur, yang terdiri dari lima SD, yaitu SDN Galuhtimur 01, SDN Galuhtimur 02, SDN Galuhtimur 03, SDN Galuhtimur 04, dan SDN Dukuh Tengah. Teknik sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV SDN Galuhtimur 04 dan SDN Dukuh Tengah. Analisis data menggunakan uji ketuntasan rata-rata, uji proporsi, dan uji T sampel independen. Hasil penelitian ini menunjukkan untuk nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung sebesar 2,705 dan ttabel sebesar 2,457 sehingga thitung > ttabel, yaitu 2,705 > 2,457. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak artinya kemampuan pemahaman konsep IPS siswa yang diajar dengan menggunakan model group investigation lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep IPS siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional siswa kelas IV di SD Negeri se-Galuhtimur Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Group Investigation, Hasil Belajar IPS. | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Dec 2019 03:15 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Dec 2019 03:15 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/593 |
Actions (login required)
View Item |