Inaki, Nifka (NIM.40215056) (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS-GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS V SDN KALIERANG 01 TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215056_HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (571kB) | Preview |
|
|
Text
40215056_BAB I.pdf - Accepted Version Download (133kB) | Preview |
|
Text
40215056_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (574kB) |
||
|
Text
40215056_BAB III.pdf - Accepted Version Download (546kB) | Preview |
|
Text
40215056_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (451kB) |
||
|
Text
40215056_BAB V.pdf - Accepted Version Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
40215056_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (267kB) | Preview |
|
Text
40215056_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini ialah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat ketuntasan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dan Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model teams-games tournament . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen bentuk quasy eksperimental design menggunakan postest-only control design. Populasinya adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kalierang 01. Teknik analisis datanya menggunakan uji ketuntasan dan uji beda rata-rata. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes. Hasilnya Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran teams-games tournament sebanyak 86% telah tuntas melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 60, dan Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran dengan model pembelajaran teams-games tournament memiliki rata-rata lebih tinggi yaitu 72.7 daripada nilai rata-rata siswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensional yaitu 61.9. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran teams-games tournament efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dikelas V Sekolah Dasar Negeri Kalierang 01 tahun pelajaran 2018/2019. Sehingga model pembelajaran teams-games tournament baik digunakan dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Teams-Games Tournament, dan Kemampuan Pemecahan Masalah. | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Dec 2019 02:52 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Dec 2019 02:52 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/596 |
Actions (login required)
View Item |