Ningrum, Wulan Agustia (NIM.40215099) (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BERBANTUAN MEDIA JAM PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI CIBENTANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40215099_Halaman Depan.pdf - Accepted Version Download (629kB) | Preview |
|
|
Text
40215099_BAB I.pdf - Accepted Version Download (159kB) | Preview |
|
Text
40215099_BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (517kB) |
||
|
Text
40215099_BAB III.pdf - Accepted Version Download (444kB) | Preview |
|
Text
40215099_BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2026. Download (419kB) |
||
|
Text
40215099_BAB V.pdf - Accepted Version Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
40215099_Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (193kB) | Preview |
|
Text
40215099_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2026. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini ditemukan sebagian besar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibentang memiliki hasil belajar yang rendah. Selain itu ditemukan pula dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan model dan media pembelajaran konvensional, bahkan tidak menggunakan media sama sekali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran ARIAS berbantuan media jam pecahan lebih baik dari model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibentang Tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Cibentang 01 dan Sekolah Dasar Negeri Cibentang 03 berjumlah 73 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji keseimbangan, dan uji t sampel Independen. Hasil penelitian diperoleh thitung sebesar 3,470 dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 maka diperoleh ttabel 2,380 sehingga thitung > ttabel. Jadi H0 ditolak dan Ha dterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS berbantuan media jam pecahan lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cibentang Tahun Pelajaran 2019/2020.
Actions (login required)
View Item |