Search for collections on Repository Universitas Peradaban

MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APPSGEYSER PADA MATERI ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS V SD N KRETEK 01

SEFTIANA, Fira (2023) MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APPSGEYSER PADA MATERI ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS V SD N KRETEK 01. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-FIRA SEFTIANA-40219011-SKRIPSI-2023.docx - Published Version

Download (20kB)
[img] PDF (COVER)
HALAMAN UTAMA-FIRA SEFTIANA-40219011-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (933kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-FIRA SEFTIANA-40219011-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-FIRA SEFTIANA-40219011-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-FIRA SEFTIANA-40219011-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-FIRA SEFTIANA-40219011-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-FIRA SEFTIANA-40219011-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-FIRA SEFTIANA-40219011-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-FIRA SEFTIANA-40219011-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL FIRA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang menariknya media pembelajaran menyebabkan rendahnya ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran, sehingga menyebabkan rendahnya numerasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi etnomatematika untuk meningkatkan numerasi siswa pada materi bangun datar kelas V yang valid, efektif. Jenis penelitian ini adalah R&D (Reseach and Development) dengan model ADDIE yang meliputi Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Pelaksanaan), dan Evaluation (Penilaian). Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru, dan siswa kelas V SD Negeri Kretek sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji paired sample t-test. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Appsgeyser dinyatakan valid/layak digunakan berdasarkan hasil penilaian ahli media, ahli materi dan guru kelas dengan presentase lebih dari 80% sehingga memiliki kriteria “Sangat Baik” . Uji paired sample t test menunjukkan pada daerah penolakan HO dinyatakan dapat meningkatkan numerasi siswa kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWINARTO, WinartoNIDN 0612118801
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Appsgeyser, Etnomatematika, Numerasi
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Matematika atau Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Ms Nur Afni Taflikhatun
Date Deposited: 21 Dec 2023 03:16
Last Modified: 21 Dec 2023 03:16
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1529

Actions (login required)

View Item View Item