ALMIASIH, Sukma (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PJBL BERBASIS STEM-NOS TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS V SD NEGERI KALIERANG 01. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
PDF (COVER)
COVER-SUKMA ALMIASIH-40218053-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-SUKMA ALMIASIH-40218053-SKRIPSI-2022.docx - Accepted Version Download (17kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-SUKMA ALMIASIH-40218053-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (101kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-SUKMA ALMIASIH-40218053-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-SUKMA ALMIASIH-40218053-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-SUKMA ALMIASIH-40218053.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (5kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-SUKMA ALMIASIH-40218053-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-SUKMA ALMIASIH-40218053-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Download (156kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-SUKMA ALMIASIH-40218053-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-SUKMA ALMIASIH-40218053-SKRIPSI-2022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini terkait dengan rendahnya literasi sains siswa di sekolah dasar, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran PJBL berbasis STEM-NOS terhadap literasi sains siswa kelas V SD negeri kalierang 01. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen dengan desain quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Pengumpulan data kemampuan literasi sains dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan lembar observasi yang telah divalidasi oleh ahli dan diuji reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji independent sample t test dan uji paired sample t test. Hasil uji independent sample t test pada penelitian ini menunjukkan nilai sig. sebesar 0,01 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, kemampuan literasi sains siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PJBL berbasis STEM-NOS lebih baik dari pada siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Selain itu, berdasarkan hasil uji paired sample t test menunjukan nilai sig. sebesar 0,00 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak artinya bahwa penerapan model pembelajaran PJBL berbasis STEM-NOS dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PJBL berbasis STEM-NOS efektif terhadap literasi sains siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Literasi Sains, PJBL, STEM,NOS | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Sains, IPA, Teknologi dan Kesehatan |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Editor Repository | ||||||
Date Deposited: | 29 Dec 2022 02:15 | ||||||
Last Modified: | 29 Dec 2022 02:15 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1154 |
Actions (login required)
View Item |