Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PERBANDINGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN POWER POINT DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS BERBANTUAN YOUTUBE TERHADAP PEMAHAMAN SISWA

MAULANA, M.Hasan (2023) PERBANDINGAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN POWER POINT DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI BEBAS BERBANTUAN YOUTUBE TERHADAP PEMAHAMAN SISWA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-M. HASAN MAULANA-40218069-SKRIPSI-2023.docx - Published Version

Download (10kB)
[img] PDF (COVER)
COVER-M. HASAN MAULANA-40218069-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-M. HASAN MAULANA-40218069-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-M. HASAN MAULANA-40218069-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (267kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-M. HASAN MAULANA-40218069-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-M. HASAN MAULANA-40218069-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-M. HASAN MAULANA-40218069-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-M. HASAN MAULANA-40218069-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (263kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-M. HASAN MAULANA-40218069-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pemahaman siswa merupakan hal penting karena dengan mengetahuinya maka guru diharapkan mampu merancang pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perbandingan dua pembelajaran berbantuan media pembelajaran yaitu antara pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan power point dengan pembelajaran inkuiri bebas berbantuan youtube terhadap pemahaman siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Bumiayu . Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunkan rancangan solomom four Group Design dengan teknik random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah 50 siswa. Adapun hasil penelitian ini adalah Dari hasil data bahwasannya pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan power point dengan pembelajaran inkuiri bebas berbantuan youtube diketahui rata-rata keaktifan siswa dan tingkat pemahaman siswa meningkat serta fokus siswa dalam mengikuti pembalajaran terfokus ke dalam pembelajaran serta kondisi kelas menjadi lebih baik dibandingkan dengan sebelum penerapan pembelajaran inkuiri berbantuan power point dan pembelajaran inkuiri bebas berbantuan youtube, terjadi peningkatan pemahaman siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil perbandingan uji t. diperoleh Nilai Sig 0.065 ini berarti Ho diterima. Hal ini berarti kemamapuan pemahaman siswa dengan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan power point dengan pembelajaran konvenisonal 1 (kontrol) homogen. Berdasarkan tabel 4.12 diperoleh juga hasil uji t yang diperoleh nilai 0,023, 0,023 Ho ditolak dam Hα diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan pembelajaran inkuriri terbimbing berbantuan power point dengan (ekperimen 1) dengan pembelajaran konvensional 1 ( kontrol ). Hasil uji homogenitas Nilai Sig 0.946 ini berarti Ho diterima. Hal ini berarti kemamapuan pemahaman siswa dengan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan power point dengan pembelajaran konvenisonal 2 (kontrol 2) homogen. Berdasarkan tabel 4.16 diperoleh juga hasil uji t yang diperoleh nilai 0,000, 0,000 Ho ditolak dam Hα diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan pembelajaran inkuriri bebas berbantuan youtube (ekperimen 2) dengan pembelajaran konvensioanal 2 ( kontrol 2 ). Hasil uji homogenitas diperoleh Nilai Sig 0.040 ini berarti Ho ditolak . Hal ini berarti kemampuan pemahaman siswa dengan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan power point dengan pembelajaran dengan pembelajaran inkuiri bebas berabntuan youtube tidak homogen. Berdasarkan tabel 4.20 diatas diperoleh nilai uji t diperoleh nilai sig 0,024 Ho ditolak dam Hα diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan power point dengan pembelajaran inkuiri bebas berbantuan youtube terhadap pemahaman siswa

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorZAHRO, Umi ChabibatusNIDN 0609019001
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Inkuiri, Power Point, Youtube, Pemahaman Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Ms Nur Afni Taflikhatun
Date Deposited: 20 Dec 2023 04:33
Last Modified: 20 Dec 2023 04:33
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1515

Actions (login required)

View Item View Item