Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA STORY BOARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS TINGGI DI SD NEGERI JATISAWIT 02

INAYAH, Futi Hatul (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA STORY BOARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS TINGGI DI SD NEGERI JATISAWIT 02. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-FUTI HATUL INAYAH-40219002-SKRIPSI-2023.docx - Published Version

Download (14kB)
[img] PDF (COVER)
COVER-FUTI HATUL INAYAH-40219002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (660kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-FUTI HATUL INAYAH-40219002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-FUTI HATUL INAYAH-40219002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-FUTI HATUL INAYAH-40219002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-FUTI HATUL INAYAH-40219002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-FUTI HATUL INAYAH-40219002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (88kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-FUTI HATUL INAYAH-40219002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-FUTI HATUL INAYAH-40219002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa serta kurangnya model dan media pembelajaran, sehingga ada beberapa siswa yang hasil belajarnya belum tuntas pada mata pelajaran bahasa indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media story board terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas tinggi di SD Negeri Jatisawit 02. Metode penelitian ini adalah model penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian pre- eksperimen, jenis One Group Prettest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji paired sample t- test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media story board terhadap kemampuan membaca pemahaman. Dikatakan demikian karena dari perhitungan uji paired sample t- test diperoleh hasil rata-rata (mean) siswa sebelum diberi perlakuan sebesar 61,83 sedangkan setelah diberi perlakuan sebesar 78,09. Adapun pengaruh yang ditimbulkan model pembelajaran make a match berbantuan media story board terhadap kemampuan membaca pemahaman adalah sebesar 19,2 %, sedangkan sisanya 80,8 % dipengaruhi oleh faktor lain. Dikatakan demikian berdasarkan perhitungan uji regresi linier sederhana diperoleh nilai R Square yaitu 0,192.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWARTULAS, SriNIDN 0625127304
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Make a Match, Story board, kemampuan membaca pemahaman
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Membaca, Belajar Membaca, Kemampuan Membaca
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Ms Nur Afni Taflikhatun
Date Deposited: 21 Dec 2023 03:16
Last Modified: 21 Dec 2023 03:16
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1521

Actions (login required)

View Item View Item