INAYAH, Futi Hatul (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA STORY BOARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS TINGGI DI SD NEGERI JATISAWIT 02. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-FUTI HATUL INAYAH-40219002-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (14kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-FUTI HATUL INAYAH-40219002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (660kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-FUTI HATUL INAYAH-40219002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (173kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-FUTI HATUL INAYAH-40219002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (303kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-FUTI HATUL INAYAH-40219002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-FUTI HATUL INAYAH-40219002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (386kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-FUTI HATUL INAYAH-40219002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (88kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-FUTI HATUL INAYAH-40219002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (229kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-FUTI HATUL INAYAH-40219002-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa serta kurangnya model dan media pembelajaran, sehingga ada beberapa siswa yang hasil belajarnya belum tuntas pada mata pelajaran bahasa indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media story board terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas tinggi di SD Negeri Jatisawit 02. Metode penelitian ini adalah model penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian pre- eksperimen, jenis One Group Prettest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji paired sample t- test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media story board terhadap kemampuan membaca pemahaman. Dikatakan demikian karena dari perhitungan uji paired sample t- test diperoleh hasil rata-rata (mean) siswa sebelum diberi perlakuan sebesar 61,83 sedangkan setelah diberi perlakuan sebesar 78,09. Adapun pengaruh yang ditimbulkan model pembelajaran make a match berbantuan media story board terhadap kemampuan membaca pemahaman adalah sebesar 19,2 %, sedangkan sisanya 80,8 % dipengaruhi oleh faktor lain. Dikatakan demikian berdasarkan perhitungan uji regresi linier sederhana diperoleh nilai R Square yaitu 0,192.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Make a Match, Story board, kemampuan membaca pemahaman | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Membaca, Belajar Membaca, Kemampuan Membaca |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Ms Nur Afni Taflikhatun | ||||||
Date Deposited: | 21 Dec 2023 03:16 | ||||||
Last Modified: | 21 Dec 2023 03:16 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1521 |
Actions (login required)
View Item |