Search for collections on Repository Universitas Peradaban

ANALISIS TINGKAT KECERDASAN LINGUISTIK DALAM KETERAMPILAN BERTANYA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI KALIGIRI 02

SARASWATI, Fania Rachee (2023) ANALISIS TINGKAT KECERDASAN LINGUISTIK DALAM KETERAMPILAN BERTANYA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI KALIGIRI 02. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-FANIA RACHEE SARASWATI-40219036-SKRIPSI-2023.docx - Published Version

Download (18kB)
[img] PDF (COVER)
COVER-FANIA RACHEE SARASWATI-40219036-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (579kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I-FANIA RACHEE SARASWATI-40219036-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II-FANIA RACHEE SARASWATI-40219036-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III-FANIA RACHEE SARASWATI-40219036-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV-FANIA RACHEE SARASWATI-40219036-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V-FANIA RACHEE SARASWATI-40219036-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-FANIA RACHEE SARASWATI-40219036-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-FANIA RACHEE SARASWATI-40219036-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-FANIA RACHEE SARASWATI-40219036-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan bertanya siswa yang baik, dan adanya indikasi tingkat kecerdasan linguistik yang dapat dikembangkan melalui keterampilan bertanya. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kecerdasan linguistik dalam keterampilan bertanya siswa kelas V di SD Negeri Kaligiri 02. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada 4 tingkatan kecerdasan linguistik dalam keterampilan bertanya siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kaligiri 02, 78% menunjukan tingkat sangat tinggi yang berjumlah 34 siswa, 13% menunjukan tingkat tinggi berjumlah 6 siswa, 7% menunjukan tingkat rendah 3 siswa, dan 2% menunjukan sangat rendah berjumlah 1 siswa. kesimpulan bahwa dalam keterampilan bertanya siswa memiliki kecerdasan linguistik yang sangat tinggi. Kecerdasan linguistik siswa dilihat dari keterampilan bertanya siswa ada keterkaitannya, siswa yang memiliki keterampilan bertanya yang tinggi akan memiliki kecerdasan linguistik yang tinggipula. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyak siswa yang berada pada kategori yang sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan sekolah dapat memiliki program penunjang dalam meningkatkan kecerdasan linguistik, dan menciptakan serta menumbuhkan suasana iklim yang kondusif untuk pembelajaran yang dapat meningkatkan kecerdasan linguistik siswa dalam keterampilan bertanyanya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKIYARUSOLEH, UjangNIDN 0606068602
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Linguistik, Keterampilan bertanya
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Kemampuan Berbahasa, Story Telling, Bercerita, Berbicara
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Ms Nur Afni Taflikhatun
Date Deposited: 02 Jan 2024 04:15
Last Modified: 02 Jan 2024 04:15
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1545

Actions (login required)

View Item View Item