SONIA, Gina (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TGTBERBANTUAN APLIKASI POWTOON UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-GINA SONIA-40219039-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (549kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-GINA SONIA-40219039-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (839kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-GINA SONIA-40219039-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (327kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-GINA SONIA-40219039-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (464kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-GINA SONIA-40219039-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-GINA SONIA-40219039-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (745kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-GINA SONIA-40219039-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (300kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-GINA SONIA-40219039-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (416kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-GINA SONIA-40219039-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-GINA SONIA-40219039-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (844kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar. Aktivitas belajar siswa yang rendah ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang pasif pada pembelajaran, dari 19 siswa hanya 7 siswa (36,84%) yang aktif menjawab dan bertanya kepada guru sedangkan selebihnya 12 siswa (63,16%) tidak aktif dalam menjawab dan bertanya kepada guru, siswa lebih memilih diam dan sibuk dengan kegiatannya sendiri dan hasil belajar yang rendah dibuktikan pada asesmen lingkup materi akhir semester ganjil tahun 2022/2023 pada kelas IV yang memperoleh nilai rata-rata 52,26 yang belum mampu mencapai KKTP yaitu 75. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran TGT berbantuan aplikasi powtoon untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPAS. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Cikuning 03. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test dan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata paired sample t-test aktivitas belajar pada pretest memiliki rata-rata 51,18 sedangkan posttest memiliki rata-rata 87,94 dan hasil belajar pada pretest memiliki rata-rata 34,24 sedangkan posttest memiliki rata-rata 82,82. Pretest dan posttest pada aktivitas belajar maupun hasil belajar diperoleh nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 dapat dinyatakan diterima. Maka penggunaan model TGT berbantuan aplikasi powtoon efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPAS. N-gain score untuk aktivitas belajar sebesar 76% dan rata-rata n-gain score untuk hasil belajar sebesar 75%, skor n-gain aktivitas belajar dan hasil belajar termasuk efektif tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | TGT, aplikasi powtoon, aktivitas belajar, hasil belajar | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah, Kepala Sekolah, Biaya Sekolah, Mutu Pendidikan > Hasil Belajar, Penilaian Pembelajaran, Prestasi Siswa 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Ms Nur Afni Taflikhatun | ||||||
Date Deposited: | 02 Jan 2024 04:15 | ||||||
Last Modified: | 02 Jan 2024 04:15 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1547 |
Actions (login required)
View Item |