SABRINA, Stevina Virgo (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN READ ANSWER DISCUSS EXPLAIN AND CREATE (RADEC) BERBASIS OUTDOOR STUDY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI SISWA SD. Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-STEVINA VIRGO SABRINA-40219076-Skripsi-2023.docx - Published Version Download (30kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-STEVINA VIRGO SABRINA-40219076-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-STEVINA VIRGO SABRINA-40219076-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (359kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-STEVINA VIRGO SABRINA-40219076-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (613kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-STEVINA VIRGO SABRINA-40219076-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-STEVINA VIRGO SABRINA-40219076-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (631kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-STEVINA VIRGO SABRINA-40219076-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (88kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-STEVINA VIRGO SABRINA-40219076-Skripsi-2023.pdf - Published Version Download (175kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-STEVINA VIRGO SABRINA-40219076-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-STEVINA VIRGO SABRINA-40219076-Skripsi-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (692kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa yang dibutuhkan pada abad 21, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan keterampilan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keefektifan model pembelajaran RADEC berbasis Outdoor Study untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa SD. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif quasy eksperimen (eksperimen semu) dengan desain Quasi Experimental Nonequvalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Wanatirta 02 (kelas eksperimen) dan siswa kelas V SDN Wanatirta 04 (kelas kontrol) sebanyak masing-masing 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji paired sample t-test, uji n gain score. Hasil uji paired sample t test keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa sig 0,000 yang artinya < 0,05, H0 ditolak, H₁ diterima. Hasil uji Mann Whitney, sig 0,000 adanya perbedaan kelas kontrol dan kelas eskperimen. Hasil uji n gain score kelas eksperimen g > 0,7 (tinggi) dan kelas kontrol g < 0,3 (rendah), yang artinya terdapat perbedaan peningkatan keterampilan yang sangat signifikan dan model RADEC efektif meningkatkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa kelas V SDN Wanatirta 02.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, RADEC, Outdoor Study, Komunikasi, Kolaborasi | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > Kemampuan Berbahasa, Story Telling, Bercerita, Berbicara |
||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Ms Nur Afni Taflikhatun | ||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2024 07:16 | ||||||
Last Modified: | 09 Jan 2024 07:16 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1569 |
Actions (login required)
View Item |