Piranti, Endah (NIM.40314006) (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS X MIPA SMA ISLAM TA’ALLUMUL HUDA BUMIAYU. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.
|
Text
40314006_Halaman Awal.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
40314006_Bab I.pdf - Accepted Version Download (278kB) | Preview |
|
Text
40314006_Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (457kB) |
||
|
Text
40314006_Bab III.pdf - Accepted Version Download (406kB) | Preview |
|
Text
40314006_Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 30 September 2025. Download (550kB) |
||
|
Text
40314006_Bab V.pdf - Accepted Version Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
40314006_Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (371kB) | Preview |
|
Text
40314006_Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 30 September 2025. Download (13MB) |
Abstract
Literasi sangat diperlukan bagi siswa, terutama literasi matematika. Hasil wawancara diperoleh informasi bahwa rata-rata kemampuan literasi matematika siswa tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa kelas X MIPA dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhinya. Faktor yang menjadi fokus penelitian ini adalah faktor dari dalam diri siswa dan faktor kegiatan belajar. Fokus lain dari penelitian ini adalah subjek penelitian yang berasal dari siswa kelas X MIPA. Metode yang digunakan yaitu kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek yang digunakan adalah kelas X MIPA, dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling yang berupa sampling purposive dan snowball sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes, wawancara, pemberian angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu berupa soal PISA, pedoman wawancara, angket, dan catatan materi siswa. Hasil menunjukkan bahwa capaian literasi siswa tergolong cukup baik, dan rata-rata berada dilevel 3 dengan presentase 77%. Faktor yang paling mendominasi capaian literasi matematika tersebut adalah strategi mengajar guru, yang kemudian berdampak pada faktor diri siswa, seperti persepsi, motivasi dan minat. Jadi kesimpulannya adalah bahwa kemampuan literasi matematika siswa kelas X MIPA berada dilevel yang cukup baik, dan faktor yang memengaruhinya yaitu faktor dalam diri siswa dan kegiatan belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Literasi Matematika, X MIPA, PISA | ||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah, Pendidikan Lanjutan > Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Nidzom Muhammad | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2019 04:30 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Oct 2019 06:49 | ||||||||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/485 |
Actions (login required)
View Item |