Search for collections on Repository Universitas Peradaban

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENGOLAHAN DATA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN HIPPOCRATES DAN GALENUS BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO (Structured Of Learning Outcomes)

Dianti, Erwita (NIM.40315004) (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENGOLAHAN DATA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN HIPPOCRATES DAN GALENUS BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO (Structured Of Learning Outcomes). Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40315004_Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40315004_BAB I.pdf - Accepted Version

Download (609kB) | Preview
[img] Text
40315004_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (429kB)
[img]
Preview
Text
40315004_BAB III.pdf - Accepted Version

Download (305kB) | Preview
[img] Text
40315004_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
40315004_BAB V.pdf - Accepted Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40315004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (255kB) | Preview
[img] Text
40315004_Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2026.

Download (11MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan proses yang sangat penting bagi individu dalam rangka untuk meningkatkan kualitas hidupnya baik dari segi akademik maupun non akademik. Salah satu pembelajaran yang diadakan disetiap jenjang pendidikan adalah pembelajaran matematika. Banyaknya kesalahan yang dilakukan oleh siswa menunjukan bahwa hasil belajarnya tidak melampaui target. Setiap siswa memiliki tingkat respon yang berbeda-beda dalam menyelesaikan soal. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahuinya adalah menggunakan taksonomi SOLO. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi siswa dalam menyelesaikan soal matematika salah satunya kepribadian. Terdapat banyak pendekatan teori kepribadian, namun yang paling banyak digunakan dan diterapkan adalah teori tipe kepribadian yang diperkenalkan oleh Hippocrates dan Galenus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa ditinjau dari tipe kepribadian siswa menurut topologi Hippocrates dan Galenus dan dianalisis berdasarkan taksonomi SOLO. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Ma’arif NU 1 Banjaranyar. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu Data Reduction, Data Display, Conclusing Drawing/Verification. Hasil penelitian setiap tipe kepribadian yang berkemampuan sedang melakukan kesalahan lebih sedikit dari pada setiap tipe kepribadian yang berkemampuan rendah. Pada tipe kepribadian berkemampuan sedang rata-rata melakukan kesalahan dalam mengaitkan fakta dengan teori dan mengaplikasikan sebuah konsep, mengaitkan konsep-konsep yang diterima dengan konsep yang lainnya dan menggeneralisasikan serta melakukan perumpamaaan pada situasi yang lainnya. Sedangkan pada tipe kepribadian berkemampuan rendah rat-rata melakukan kesalahan dalam memahami beberapa komponen/informasi, koneksi yang terbentuk dan kemampuan metakognisi, mengaitkan fakta dengan teori dan mengaplikasikan sebuah konsep, mengaitkan konsep-konsep yang diterima dengan konsep yang lainnya dan menggeneralisasikan serta melakukan perumpamaaan pada situasi yang lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWidodo, M.FPd., An Nur Ami (NIDN.0622058703)UNSPECIFIED
ExaminerFasha, S.Si., M.Pd., Eka Farida (NIDN.0606098602)UNSPECIFIED
ExaminerPurwaningsih, M.P.d, Dian (NIDN.0602108104)UNSPECIFIED
ExaminerNurdiawati, M.Pd., Dede (NIDN.0607038104)UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Tipe Kepribadian Hippocrates dan Galenus, Taksonomi SOLO
Subjects: 100 Filsafat, Psikologi, Parapsikologi > 155 Psikologi Perkembangan > Perkembangan Kepribadian, Kepribadian, Perkembangan Karakter, Motivasi Diri, Psikotest
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: S.Sos Muhaniz Muhaniz
Date Deposited: 30 Nov 2019 07:25
Last Modified: 30 Nov 2019 07:25
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/588

Actions (login required)

View Item View Item