Search for collections on Repository Universitas Peradaban

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOPI SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN BUMIAYU 03 DAN SDN KALIERANG 02

Latif, Masykuri (NIM.40215089) (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOPI SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN BUMIAYU 03 DAN SDN KALIERANG 02. Bachelor thesis, Universitas Peradaban.

[img]
Preview
Text
40215089_HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215089_BAB I.pdf - Accepted Version

Download (83kB) | Preview
[img] Text
40215089_BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (144kB)
[img]
Preview
Text
40215089_BAB III.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[img] Text
40215089_BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 30 September 2026.

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
40215089_BAB V.pdf - Accepted Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40215089_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (61kB) | Preview
[img] Text
40215089_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 30 September 2026.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bumiayu 03 dan SDN Kalierang 02 kurang memiliki Motivasi Belajar. Hal ini dikarenakan keterbatasan media pembelajaran yang ada di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran MOPI (Monopoli Pintar) dan peningkatan motivasi belajar siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian RND menggunakan model Borg and Gall. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Bumiayu 03 dan SDN Kalierang 02. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil perhitungan uji statistik independent sampel t-test yang dilakukan, maka diperoleh nilai = 5,964 > = 2, 682. Maka > sehingga hipotesis nihil diterima, artinya media pembelajaran MOPI (Monopoli Pintar) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRetnoningsih, M.Pd., Diyah Ayu (NIDN.0615069201)UNSPECIFIED
ExaminerSuprapto, M.Pd., Yuni (NIDN.0626068702)UNSPECIFIED
ExaminerArifin.Lc., MA., Muh Luqman (NIDN.0607108002)UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MOPI, Monopoli Pintar, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan, Motivasi Belajar
300 Ilmu Sosial, Sosiologi, Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > 371.3 Metode dan Model Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Nidzom Muhammad
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:01
Last Modified: 11 Dec 2019 04:01
URI: http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/630

Actions (login required)

View Item View Item