SETYOWATI, Mugi (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN DAN SELF-CONFIDENCE (STUDI DI KELAS IV SD NEGERI KUTAMENDALA 04 TAHUN AJARAN 2022/2023). Bachelor thesis, UNIVERSITAS PERADABAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK-MUGI SETYOWATI-40217029-SKRIPSI-2023.docx - Published Version Download (13kB) |
|
PDF (COVER)
COVER-MUGI SETYOWATI-40217029-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (549kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I-MUGI SETYOWATI-40217029-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (145kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II-MUGI SETYOWATI-40217029-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (205kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III-MUGI SETYOWATI-40217029-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV-MUGI SETYOWATI-40217029-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V-MUGI SETYOWATI-40217029-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (129kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-MUGI SETYOWATI-40217029-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Download (137kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-MUGI SETYOWATI-40217029-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (ARTIKEL)
ARTIKEL-MUGI SETYOWATI-40217029-SKRIPSI-2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa terutama dalam pembelajaran matematika pada soal cerita. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari jenis kelamin dan self-confidence. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari jenis kelamin dan self-confidence. Prosedur analisis yang digunakan adalah prosedur Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, tes, dan wawancara dengan subjek penelitian sejumlah 6 siswa. Uji keabsahan data dilakukan dengan trianguasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah siswa laki-laki lebih baik daripada siswa perempuan; (2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa self-confidence tinggi lebih baik daripada siswa self-confidence sedang dan siswa self-confidence rendah, (3) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa laki-laki dengan self-confidence tinggi lebih baik daripada siswa laki-laki dengan self-confidence sedang dan rendah, (4) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa perempuan dengan self-confidence tinggi lebih baik daripada siswa perempuan dengan self-confidence sedang dan rendah. Solusi yang ditawarkan untuk meminimalisir kesalahan dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita adalah dengan memperbanyak latihan mengerjakan soal cerita.
Item Type: | Thesis (Bachelor) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Soal Cerita, Prosedur Polya, Jenis Kelamin, Self-confidence | ||||||
Subjects: | 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > Kemampuan Matematis; Pembelajaran Matematika; Riset Matematika | ||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 | ||||||
Depositing User: | Ms Nur Afni Taflikhatun | ||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2023 08:38 | ||||||
Last Modified: | 11 Dec 2023 08:38 | ||||||
URI: | http://eprints.peradaban.ac.id/id/eprint/1505 |
Actions (login required)
View Item |